October 19, 2015

RENUNGAN HARI SELASA 20 OKTOBER 2015

Bacaan Liturgi  Selasa  20 Oktober 2015

Bacaan Pertama  Roma 5:12,15b,17-19,20b-21.
Saudara-saudara , dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. Jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.  Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.
Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.
di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,
 Supaya sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Mazmur,  Mzm  40,7-10,17
Ya Tuhan, aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.
“Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut. Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang;
“ Dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku; aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku."
“Aku mengabarkan keadilan dalam jemaah yang besar; bahkan tidak kutahan bibirku, Engkau juga yang tahu, ya TUHAN.
 “Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata: "TUHAN itu besar!"

Bacaan  Injil  Lukas  12:35-38
Yesus berkata kepada murid murid-Nya  "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.
Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan.
Setiap hari saya merasa selalu sibuk, Sejak bangun pagi, bersiap siap pergi kerja, menghabiskan banyak tenaga dan waktu ditempat kerja, pulang , makan, hingga menjaga anak sambil istirahat, Begitulah rutinitas saya sehari-hari, Terkadang, tidak terasa waktu berlalu begitu saja, Rutinitas membuat saya tidak mampu melihat perkembangan dan pertumbuhan dalam diri saya dan keluarga. Ada saatsaya merasa jenuh dengan keseharian yang selalu sama, Tanpa saya sadari, tidak ada rasa syukur dari mulut saya, doapun menjadi hambar.
Ternyata saya kurang berjaga jaga, kurang berdoa, kurang bergaul dengan firman-Nya, dan kurang menyadari akan rahmat-Nya yang terus ada bagi saya.Tidak mudah untuk konsisten terus berjaga jaga karena kelemahan dan keterbatasan saya.
Namun Tuhan menghendaki saya untuk terus berjaga-jaga, terus berdoa dan terus menjadi terang bagi sesama, Maka saya belajar untuk selalu mengingatkan diri sendiri untuk meluangkan waktu ber – relasi dengan Tuhan dan menjadi berkat bagi keluarga saya serta sesama. Setiap pagi saya mendoakan dan memohon berkat atas keluarga saya. Dari situ saya juga berjuang untuk terus berjaga – jaga didalam hadirat Tuhan dalam menjalani hidup ini. Dengan demikian, saya berharap dapat menjadi terang dimanapun saya berada dan selalu berada dalam hadirat-Nya.

Butir butir permenungan.
Apa yang saya lakukan untuk tetap berjaga-jaga dan menjadi terang? Melalui peristiwa yang menyenangkan kita diajak untuk bertobat dan bersyukur, Melalui peristiwa yang tidak menyenangkan , kita diundang pula supaya bertobat dengan menyadari kekeliruan kita dan memperbaiki kehidupan yang selama ini kurang berkenan kepada Tuhan.Setiap saat yang Tuhan berikan kepada kita merupakan kesempatan untuk selalu mengoreksi diri dan berwaspada agar hidup kita semakin berkenan kepada Allah dan sesama. Pada saatnya kelak kita akan disebut ”berbahagia”.

Doa
Tuhan Yesus Kristus, Engkau mengasihi kami terlebih dahulu dan memberikan hidup-Mu bagi kami. Semoga kami waspada dan berjaga jaga melayani Dikau dalam hidup kami kini dan selamanya.   Amin.




0 komentar:

Post a Comment