September 8, 2015

NOVENA DATANGLAH KEPADAKU

DI DOAKAN   DI HADAPAN  SAKRAMEN  MAHAKUDUS

HARI  PERTAMA

Bisikan Kristus
Datanglah kepada-Ku, Aku mengenal dirimu, ketika engkau terbentuk dirahim ibumu, Aku ada disana. Aku telah melihatmu bahkan sebelum kelahiranmu. Aku selalu mencintaimu, Datanglah kepada-Ku, hai engkau yang berbeban berat, Aku akan menyegarkanmu, Aku akan melegakanmu. Tinggallah bersama-Ku dan dengarkanlah. Disini ada rumah-Ku yang selalu terbuka untukmu, Aku selalu merindukanmu, Aku ingin kau mengalami kasih-Ku. Kasih-Ku ini laksana api yang membakar semua kebencian, kesombongan dan dosa.Aku rindu mengisi hidupmu dengan damai dan sukacita-Ku, Aku disini dihadapanmu, terkurung dalam rumah-Ku sendiri. Bawalah Aku bersamamu, didalam hatimu, Bawalah Aku kerumahmu, kesekolahanmu, kekantormu, ke jalan jalan dan diskotik, Aku membutuhkan kakimu, tanganmu, suaramu, untuk membawa cinta-Ku kepada dunia yang terluka, Bawalah Aku selalu didalam sanubarimu.

RefleksiYes 61:1-4
· Mengapa Engkau datang, Tuhan ?
· Apa yang diceritakan Kitab Suci tentang diri-Mu ?
· Ketika aku membaca Sabda-Mu, aku dapat melihat, betapa Engkau menjamah dan menyembuhkan orang orang. Engkau mengenyangkan yang lapar, membebaskan yang terbelenggu, membaharui hidup banyak orang. Hanya satu kata, satu sentuhan tangan-Mu, atau satu tatapan=Mu telah cukup untuk menyembuhkan pribadi seseorang. Dimanakah Engkau sekarang ?
· Dimanakah sentuhan itu, tatapan itu, yang telah menyembuhkan tubuh yang terluka, yang menyambung kembali relasi yang terputus, yang menguatkan orang orang yang lemah ? Aku ingin melihatnya , Tuhan tunjukkanlah kepadaku.

Jawaban  Kristus
Aku ada didalam Ekaristi, dengan cara yang sangat khusus, Inilah tangan yang telah menjamah orang mati dan menghidupkannya kembali, yang telah memberkati air dan mengubahnya menjadi anggur, yang telah membuka mata orang buta. Disini Aku dengan kekuatan yang sama yang telah menyembuhkan orang orang sakit dan meredakan badai yang melanda hidupmu.
Hari ini, sekali lagi Aku mohon kepadamu bawalah Aku kerumahmu, ketempat kerjamu, Aku akan selalu menyertaimu. Aku akan memberkatimu  agar engkau menjadi  berkat bagi orang lain. Maukah engkau mengajak Aku pergi bersamamu?

Doa
Yesus,  datanglah dan berjalanlah bersamaku, aku menawarkan hatiku menjadi altar-Mu, aku menyambut-Mu.  O  Tuhan, begitu dalamkah cinta-Mu, sehingga Engkau mau hidup didalam diriku dan menjadikan diriku alat-Mu? Sekian lama aku menanggung sendiri beban hidupku, luka luka dan penderitaanku, aku lalai datang kehadapan-Mu , yang bertahta didalam Sakramen Mahakudus, tempat Engkau menantikan diriku.Syukur kepada-Mu, Tuhan, karena kini aku sadar akan cinta dan kekuatan-Mu didalam Ekaristi, Tuhan, aku akan menghantar diri-Mu kepada sesamaku. Datanglah dan tinggallah didalam diriku, gunakanlah diriku untuk menjamah hidup sesamaku. Amin
(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KEDUA

Bisikan Kristus
Selamat datang , anak-Ku. Aku tahu engkau akan datang. Banyak  yang ingin Aku tawarkan kepadamu, ada banyak hadiah dalam perbendaharaan-Ku untukmu dan orang orang yang engkau cintai. Aku mempunyai kekuatan dan cinta yang dapat membuat semua rencana terwujud, rencana yang membawa cinta,  damai dan kesembuhan bagi dunia yang terluka. Anak-Ku mengapa jutaan orang harus menderita tanpa harapan sembuh dan mati dalam penderitaan yang sia sia ? Sedangkan tangan tangan yang telah menjamah dan menyembuhkan orang kusta hanya tergeletak tak terpakai disini. Betapa Aku rindu, umat-Ku datang dan bersimpuh didepan-Ku ,  Betapa banyak kebencian, ketidakadilan dan penderitaan didunia ini, hanya  ada satu Kekuatan, satu Pribadi, yang dapat menyembuhkan dan memulihkan semua yang dikuasai iblis. Kekuatan itu ada disini.

Refleksi
Kekuatan Ilahi selalu tersedia. Dengan datang dan bersujud didepan Ekaristi, aku menapaki jalan Kekuatan ini.  Kekuatan Ilahi ini selalu tersedia bagi kita dalam setiap peristiwa hidup.
· Tuhan berkata kepada Yosua, Aku akan selalu menyertai engkau, Aku tidak akan mencampakkanmu (Yos 1:5)
· Pemazmur bermadah, Tuhan akan melindungiku, dari segala bahaya menyelamatkan aku. Ia akan melindungiku ketika aku datang dan pergi. ( Mzm 121:7-8 )
· Santo Paulus menulis, Semoga Tuhan sumber kedamaian, terus menganugerahkan damai kepada kita ( 2 Tes 3:16)
· Paulus meneguhkan umat di Korintus dengan menulis Tuhan menganugerahkan kepadamu lebih dari yang engkau perlukan.( bdk 2 Kor 9:8-9)
(Ulangilah ayat ayat ini dan resapkanlah kedalam hatimu Berpeganglah pada janji janji yang menjawab kebutuhanmu)

Doa
Tuhan Yesus Kristus, kedatangan-Mu telah mengubah sejarah manusia. Aku sadar bahwa Engkaulah cahaya yang tak pernah pudar. Tak akan ada kegelapan atau kemalangan yang dapat memadamkan terang itu.Yesus , cinta-Mu akan berjaya, cinta yang mengatasi kebencian, kepahitan dan perselisihan. Dinding yang tinggi tak akan menghentikan-Mu, senjata dan perang tak dapat menghalangi-Mu menebarkan damai, Disini ada Kekuatan itu. Kekuatan yang membawa kesembuhan dan damai  kedalam hidup, Kekuatan yang membebaskan kami dari semua kemalangan.
Tuhan sekarang aku mohon damai-Mu, namun dalam kebutaanku aku menutup pintu karunia damai bagi orang lain, karunia yang aku cari dalam diri-Mu. Bagaimana mungkin aku berharap agar tangan kanan-Mu yang penuh kuasa memegang diriku ( bdk Yes 41:10) sementara  aku menutup tangan  dan hatiku bagi saudaraku.Tuhan , aku telah menutup telingaku terhadap ajakan-Mu untuk bertobat, aku telah buta terhadap tindakan tindakanku yang penuh rasa ingat diri. Ampunilah aku Tuhan, aku telah mengkhianati Engkau, Ajarilah aku menjadi pribadi yang Kau kehendaki.  Amin.

Jawaban Kristus.
Anakku, Aku ada disini, Tangan-Ku terulur kepadamu, menolongmu untuk mengatasi segalanya, Kekuatanku sudah cukup bagimu. Pandanglah Aku didalam Ekaristi , Disini Aku berdiam ditengah tengahmu, menyembuhkan luka lama dan mencegah yang akan datang. Aku memanggilmu dengan namamu. Engkau mencintai-Ku?  Sungguh? Jika demikian , engkau berhak menerima cinta dan damai-Ku , ambillah dan bawalah cinta-Ku, damai-Ku.
(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KETIGA

Bisikan Kristus
Datanglah kepada-Ku, letakkanlah tanganmu ditelapak tangan-Ku. Aku mengenal engkau,  Aku ingin memandang wajahmu dan menghapus air matamu, Engkau tak ada duanya. Sejak Aku menciptakan dunia, tak ada orang yang sama seperti engkau, dan tak akan pernah ada yang menyamai engkau dimasa depan,  Angkatlah kepalamu dan bersyukurlah atas karya hidup. Bersyukurlah, karena engkau tercipta sebagai pribadi yang unik. Mengapa engkau cemas ?  Mengapa engkau merasa kesepian? Apa yang membuatmu kehilangan rasa damai dihati ? Ceritakanlah  kepada-Ku, dan disaat engkau membongkar isi hatimu, engkau akan mengalami damai-Ku, Apakah pengalaman masa lalu melukaimu? Adakah dosa tersembunyi yang terus mencengkeram dan mengganggumu?  Serahkan semuanya kepada-Ku, Dengan penuh kasih Aku akan mengampuni semua dosa masa lalumu.

Refleksi

Lukas 4: 40-41
Kenangkanlah orang orang yang terperangkap dalam kesedihan, rasa kasihan diri dan tertekan. Bawalah mereka kepada Yesus . Engkau telah menjadi alat penyembuh bagi-Nya, Mungkin ada kenalanmu yang terbelenggu kemarahan, dendam, memakai narkoba, alkoholik, homoseksual. Bawalah mereka kepada Yesus, Ia datang untuk membebaskan semua orang, Ia masih tetap hidup diatas altar ini, Marilah berpegang pada janji-Nya dan memohon kepada-Nya untuk membawa pembebasan kedalam hidup kitadan seluruh bumi. Luka luka ini disembuhkan Tuhan yang telah menderita  demi keselamatan kita.
· Ia menyembuhkan orang orang yang patah hati dan membalut luka luka mereka (Mzm 147:3)
· Ia memberikan aku istirahat. Melalui padang yang hijau,  Ia membimbing aku keair yang tenang.  Dalam diri-Nya, aku menemukan kekuatan yang baru. (Mzm 23:2-3)
· Aku akan menghimpun mereka kembali dari semua tempat mereka yang tercerai berai, Pada hari kesesakan , Aku akan mencari mereka yang hilang dan menghantar mereka yang tersesat. Aku akan membalut yang terluka dan menyembuhkan yang sakit. (Yoh 34:12-16)

Doa

Ya Yesus, datanglah dan berjalanlah bersamaku setiap pagi. Mentari terbit dan harapanpun bersinar cemerlang. Marilah kita membawa harapan itu kepada sesamaku.Tuhan tuntunlah aku hari ini, menemui orang yang hendak Kautemui melalui diriku, aku sadar, Tuhan disaat aku merelakan diri Kau gunakan, kehadiran-Mu didalam diriku semakin nyata. Semakin aku menghibur orang , semakin aku mengalami penghiburan dan penyembuhan-MuNamun  aku tetap cemas, Tuhan, Jika aku ragu ragu , jika langkahku surut, jika keberanianku melemah, hadirlah disisiku, rangkullah aku, Yesus, ketika genggaman ku ketangan-Mu melemah. Janganlah membiarkan aku melupakan-Mu ketika hari, bulan dan tahun tahun berlalu. Semoga setiap yang berjalan ditandai dengan usahaku untuk mengikuti jejak langkah-Mu, menimba kekuatan dan penghiburan.Tuhan, berkatilah mereka yang takut bertemu dengan Engkau. Ijinkanlah mereka mengenal diri-Mu sebagaimana Engkau telah menunjukkan wajah-Mu kepadaku. Semoga mereka juga mengenal-Mu sebagai Pembebas, Penyembuh dan Kedamaian Abadi.   Amin.
(Biarkanlah damai Yesus berhembus lewat, bersimpuhlah dihadapan-Nya. Tariklah nafas dan hembuskanlah kedamaian-Nya )
(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KEEMPAT

Bisikan  Kristus
Selamat datang Kuucapkan, beribu kali selamat datang. Betapa hati-Ku rindu menyambut kedatanganmu. Lupakanlah rasa rendah diri yang membuat dirimu merasa tak layak untuk masuk ketempat ini. Aku tahu kesalahanmu, Aku melihat kegagalanmu, tak ada yang tersembunyi bagi-Ku, anak-Ku. Kendati penuh dengan kelemahan, aku tetap menginginkan dirimu. Aku menawarkan cinta, pengampunan dan penerimaan, ketika engkau mempersembahkan pertobatan  kepada-Ku. Roh-Ku lah yang membimbingmu ketempat ini. Aku telah  memilih dirimu untuk menjadi utusan Ku bagi dunia.
Ingatlah, Aku memilih Maria Magdalena  untuk mengabarkan kebangkitan Ku. Kini Aku memilih dirimu untuk memberitakan kepada dunia, bahwa Aku hidup dan menantikan mereka dalam Ekaristi. Aku ada disini dengan cinta didalam hati-Ku, dengan kekuatan ditangan-Ku, untuk membaharui hidup, menyembuhkan yang patah, mengampuni yang berdosa, mengenyangkan yang lapar, membawa damai bagi yang yang tergoncang.
Anak-Ku , betapa hati-Ku sedih melihat anak anak-Ku menderita, terutama mereka yangtak ingin datang untuk dibebaskan dari penderitaan badan, pikiran dan jiwa, Pergilah dan beritakanlah kabar baik ini kepada mereka, ceritakanlah kepada mereka apa yang engkau rasakan, apa makna saat ini bagi dirimu. Jadilah utusan-Ku, Aku  akan menyertaimu.

Refleksi
Didalam Ekaristi, Kristus menyentuh dasar hidup orang orang yang bersimpuh dihadapan-Nya dan merasakan kelembutan-Nya, Cinta yang abadi tak akan terlupakan, Ia menjamah kita dengan cara cara yang luar pemahaman kita dan mengubah kehidupan kita secara misterius. Tak jadi soal apa agama seseorang hari ini atau dimasa lalu. Cinta-Nya yang dalam merangkul setiap orang. Kristus mengatasi batas batas  bahasa dan agama serta menyatukan semua dalam satu pengalaman bersama CINTA. Kekuatan Ilahi yang berdiam di kesunyian altar  mengalir keluar dan memberkati dunia.

Refleksi firman Tuhan
Tuhan melihat rahasia terdalam hati kita dan membetulkannya
· Dimana hartamu berada, disitu juga hatimu berada ( Mat 6:21).
· Manusia melihat apa yang didepan mata tetapi Tuhan melihat hati ( 1 Sam 16:17)
· Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru didalam batin mereka juga, Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat, supaya mereka hidup menurut segala ketetapan Ku, dan peraturan peraturan-Ku dengan setia, maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka ( Yeh 11:19-20)
· Aku tak akan meninggalkan atau membiarkan mereka ( Ibr 13: 5b)

Doa
Yesus terkasih, Aku bersyukur kepada-Mu atas anugerah hari yang baru, jaminan pengampunan dan penerimaan-Mu. Alangkah baiknya mengalami kelembutan cinta-Mu Kendatipun lemah dan gagal, Engkau tetap mengasihi aku.Tuhan , aku mendengar seruan-Mu yang mengutusku untuk pergi dan membagi cinta-Mu kepada mereka yang ada dirumah dan semua orang lain yang aku temui. Aku sadar Tuhan betapa banyak orang yang hidup didalam kegelapan dan kesepian serta begitu menderita karena mereka tak pernah tahu, Engkaulah Sang Penyembuh sejati.Tuhan , aku lalai membagi kekuatan-Mu kepada orang lain. Kini aku sadar, semakin aku menebarkan kekuatan-Mu, semakin aku menerima kekuatan dari-Mu. Aku dapat mendengar sabda-Mu. Berikanlah maka kamu akan menerima kembali berlipat ganda. Apapun yang terjadi dimasa lalu, Tuhan, semoga hari ini menjadi awal yang baru. Dari Altar ini, aku membentangkan tanganku, siap menjadi alat-Mu untuk membawa berkat-Mu bagi sesamaku. Temuilah semua orang yang mencari cinta dan kebenaran, bimbinglah mereka menuju cahaya-Mu, temuilah mereka yang menyembah berhala, Engkau mencintai mereka dan telah wafat demi mereka. Semoga berkat doa doa kami, mereka semakin terberkati merapat keharibaan-Mu Kunjungilah mereka yang menderita secara badaniah, perasaan dan jiwa. Hiburlah mereka dalam penderitaan dan teguhkanlah mereka dalam cobaan.Tuhan,  ampunilah mereka yang menindas dan menganiaya orang lain. Anugerahilah mereka hati yang baru. Tobatkanlah mereka dan arahkanlah mereka kejalan yang baru, yakni percaya kepada-Mu.Berkatilah aku sekarang Tuhan , dan biarlah terang-Mu, menyinari seluruh kata dan perbuatanku  Amin.
(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KELIMA

Bisikan  Kristus
Jangan takut, datanglah kepada-Ku .Ada sesuatu yang penting yang ingin Aku sampaikan kepadamu  hari ini. Tahukah kamu, bahwa setiap kunjunganmu ketempat ini akan mendapat imbalan?  Tak ada orang yang datang kepada-Ku pulang dengan tangan kosong. Engkau akan mendengar kabar baik. Engkau akan melihat bahwa pikiranmu akan diterangi. Karena engkau tetap bertekun dihadapan-Ku, dirimu telah diperkaya, lebih dari yang engkau bayangkan, Aku berharap agar engkau  memahami ini.
Engkau sangat berarti bagi-Ku, Aku mengenalmu, namamu telah terukir di telapak tangan-KU. Bagaimana engkau menilai dirimu  sama sekali tidak penting. Aku tetap menganggap dirimu sebagai kesayanganku, Bagimu Aku telah dilukai dan wafat, Aku telah memberkatimu dengancara cara khusus Aku telah mengaruniakan kepadamu berbagai karunia, dan ketika engkau menggunakan karunia karunia ini, karunia ini semakin berkembang. Ingatlah kamu akan anak lelaki yang memberikan  Aku lima roti dan dua ikan? Berapa banyak orang yang kukenyangkan dengan itu?  Aku akan menerima dan menggunakan apapun yang engkau persembahkan kepada-Ku.
Berikanlah tanganmu, ulurkanlah kepada-Ku, Aku akan memberkatinya dan membuatnya selalu terbuka bagi sesama. Berikanlah matamu, Aku akan memberkatinya agar dapat melihat kebutuhan orang lain dan menanggapinya. Berikanlah suaramu, Aku akan memberkati dan menggunakannya sehingga mereka yang mendengar suaramu akan dipenuhi dengan sukacita dan kasih sayang. Berikanlah hatimu sebagaimana Aku telah  menganugerahkan hati-Ku kepadamu sehingga Aku dapat  mengasihi mereka melalui dirimu.

Refieksi
Berikanlah maka kamu akan menerima nya berlipat ganda. Manusia tak akan dapat mengalahkan Tuhan dalam hal kemurahan hati.Karena aku bersimpuh dalam keheningan dan mempersembahkan diriku agar dipergunakan olehnya. Hati Agung dalam Ekaristi sungguh bersukacita. Sebagai imbalannya, Ia berjanji akan menganugerahkan berkat-Nya, jauh melampaui pemahaman kita.
· Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan ( Yes 41:10)
· Aku akan memenuhi segala kebutuhanmu sesuai dengan kekayaan-Ku dalam kemuliaan (Fil 4:19)
· Engkau dapat menanggung segala sesuatu dalam diri-Ku  yang akan selalu menguatkan dirimu
( Fil 4:13).
· Aku tak akan meninggalkan dan menyia nyiakan dirimu ( Ibr 13:5b )
· Tak ada yang dapat memisahkan engkau dari cinta-Ku ( Roma 8:39 )

Doa

Tuhan , betapa butanya aku. Betapa sering aku menderita dan hampir hancur karena aku tidak berpaling kepada-Mu. Kadang kadang , hidupku penuhhari hari tanpa suka cita, Aku tidak dapat tidur. Suara ketakutanku sendiri begitu keras, sehingga aku  tidak bisa mendengar panggilan-Mu.
Tuhan, aku mau berterus terang kepadamu, Pernah aku tidak datang kepada-Mu. Pernah aku tidak datang kepada-Mu karena aku cemas dengan apa yang hendak Engkau minta daripadaku. Pernah aku merasa Engkau meninggalkan diriku, aku tidak berarti, bahkan Engkau tidak mau mendengarkan aku, Ampunilah aku, Yesus. Kini aku sadar betapa bodohnya diriku. Engkaulah sahabat yang paling lembut dan penuh cinta. Hanya  ada satu kerinduan-Mu yakni memberi, memberi dan memberi. Engkau hanya menuntut sedikit sebagai imbalannya, begitu kecil. Itupun aku segan untuk mengabulkannya.
Tuhan, kini aku mempersembahkan hatiku, Datanglah, ya Tuhan, runtuhkanlah tembok kecemburuan, hapuskanlah penderitaan dan puaskanlah kerinduanku. Atas nama saudara saudariku diseluruh dunia, Tuhan,  aku  mengundang-Mu untuk datang kerumah kami. Rumah kami membutuhkan kehadiran-Mu. Orang tua orang tua bercerai. Pasangan pasangan yang pernah janji setia didepan altar-Mu kini saling menertawakan. Kata kata yang pernah membahaskan cinta sekarang dianggap lelucon. Kasihanilah keluarga keluarga, pulihkanlah damai dan cinta-Mu, Datanglah, berbicaralah, sembuhkanlah dan jamahlah kami kembali. Amin.
(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KEENAM

Bisikan  Kristus
Selamat datang, sahabat-Ku terkasih, Aku sudah menantikanmu, Aku bahagia karena engkau mau meluangkan waktu bersama-Ku.  Betapa Hati-Ku yang Suci ini terhibur, kala melihat dirimu meninggalkan segala sesuatu yang lain  supaya berada bersama-Ku saat ini. Aku akan menganugerahkan kepadamu ganjaran yang jauh melebihi harapanmu.Hati-Ku menyertai anak anak-Ku yang menderita. Engkau anak-Ku yang menderita, Aku ada disini  untuk menolong anak anak Ku. Jangan takut, serahkanlah penderitaanmu kepada-Ku,  Biarlah Aku mencintaimu dengan kasih yang sejati dan tak kunjung putus, Hanya cinta-Ku yang dapat memenuhi semua kebutuhanmu. Damailah selalu kekasih-Ku. Aku takkan pernah meninggalkanmu. Kadang kadang engkau merasa  Aku tidak mendengarkan doamu karena tak ada sesuatu yang terjadi, Andaikan kau selalu percaya kepada-Ku anak-Ku, percayalah Aku yang  menguasai segalanya, Aku mencintaimu dengan kasih yang  utuh dan tanpa syarat, Percayalah kepada-Ku, percayalah pada kasih-Ku, percayalah kepada Kekuatan-Ku.
Aku tidak bisa  menjabarkan sepenuhnya cinta-Ku itu, Aku mencintai engkau sepenuhnya, dan Aku tak akan membiarkan engkau seperti anak yatim piatu, biarkanlah Aku merawat luka luka jiwamu, Sentuhan dan perawatan-Ku  membawa kesembuhan, Biarkanlah Aku melindungimu dengan Darah-Ku yang sangat berharga,  Darah-Ku, cinta-Ku yang tercurah yang telah membersihkan dan memurnikan dirimu. Aku mempunyai banyak rahmat untuk dicurahkan keatas anak anak-Ku, tetapi banyak yang menolak untuk datang dan menerimanya agar disembuhkan. Maukah engkau pergi dan berbicara kepada mereka? Semoga melalui engkau Aku dapat menggapai mereka.

Refleksi
· Mengapakah penderitaanku tidak berkesudahan, lukaku sangat payah, sukar disembuhkan?  Sungguh, Engkau seperti sungai yang curang bagiku, air yang tidak dapat dipercayai. Karena ini beginilah jawab Tuhan “ Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau menjadi pelayan dihadapan-Ku  ( Yer 15:18-19 )
· Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya (Mzm 145:8 )
· Aku mentahirkanmu dari segala kesalahanmu, Aku akan membuat kota kota didiami lagi,dan reruntuhan reruntuhan dibangun kembali. (Yeh 36:33)
· Aku akan mentahirkan mereka. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka. ( Yeh 37:23)
· Berkali kali Aku rindu mengumpulkan anak anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak anaknya dibawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau  ( Mat 23:37)
· Aku akan membawa kembali umat-Ku kepada-Ku. Aku akan mengasihi mereka sepenuh hati ( Hos 14:4 )

Doa
Yesus,  terima kasih kuhaturkan , karena Engkau telah membuat diriku merasa diterima dirumah-Mu. Sering aku berjalan dari tempat ke tempat , beralih dari orang ke orang, mengejar tujuan yang satu ke yang lain. Disaat itu aku merasakan kepuasan sementara, kenikmatan yang mengatasisegalanya, tapi masih juga kurasakan kekosongan dan ketidaksempurnaan , aku bahkan tak dapat menentukan apa sebetulnya yang akan aku inginkan dan aku cari.Yesus, sekarang aku mengerti, Engkau membentuk diriku untuk diri-Mu sendiri, dan hanya dalam diri-Mu segala kebutuhanku terpenuhi Sekarang aku merasa telah mencapai kediaman sejati. Yesus, aku berniat untuk tinggal disini.
Tuhan, kini aku sadar, bahwa disini, dalam diri-Mu, semua  doaku terjawab. Aku menerima langkah langkah, waktu dan cara yang Engkau pergunakan untuk mengabulkan doaku, karena aku yakin Engkau mengenal aku. Engkau mengetahui apa yang baik untuk diriku dan tak akan mengusahakan yang jahat untukku, Cinta-Mu kepadaku tak akan mengijinkan Engkau memberikan kalajengking kepadaku ketika aku meminta seekor ikan.Aku jakin dengan diri Mu, Yesus.Aku percaya kepada Mu.Aku percaya akan cinta Mu kepadaku.Aku menyerahkan diriku sepenuhnya kedalam cinta Mu
(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KETUJUH

Bisikan  Kristus
Datanglah kepada-Ku hai kamu yang berbahagia, karena Aku akan membuat kebahagiaanmu menjadi sempurna. Aku ingin mengingatkan kamu apa yang menghancurkan kebahagiaan, Kebencian, prasangka, sakit hati, pertentangan yang tak terselesaikan kerakusan dan ingat diri adalah hal hal yang merenggut kebahagiaan. Belajarlah  dari pada-Ku bagaimana menjaga hatimu agar tetap murni. Nikmatilah keindahan dan kebaikan-Ku.Datanglah kepada-Ku hai kamu yang menderita. Apakah kamu merasa hidup ini tidak adil ? Apakah rencanamu berantakan, apakah yang engkau andalkan membuatmu kecewa, apakah segala sesuatu dalam hidupmu seakan akan serba salah ?. Anak-Ku kini engkau ada ditempat yang tepat, ceritakan kepada-Ku , kosongkanlah hatimu dan serahkan semuanya kepada-Ku, bahkan kalau itu berarti mengosongkan semua sampah yang melekat didasar hatimu. Roh-Ku memenuhi dirimu dengan kedamaian, penghiburan dan tuntunan.Bersimpuhlah dihadapan-Ku selama engkau suka, dan ketika engkau merasa terhibur dan dikuatkan, pergilah dan jadilah pelayan-Ku. Carilah mereka yang gagal, yang menderita, yang kehilangan harapan.  Aku dikenal sebagai penyembuh yang yang terluka. Engkau yang menderita dapat  menjadi seorang penyembuh yang terluka, ketika engkau memberikan kepada mereka perhatian dan cinta yang Ku-anugerahkan kepadamu.Anak-Ku, sudah terlalu lama aku tersembunyi, dengan pertolonganmu, Kekuatan-Ku akan tersalurkan dan Kerajaan kebenaran dan cinta-Ku akan tersebar. Bagaimana caranya  engkau mau menjadi rasul-Ku?

Refleksi
(NB : Aku dapat bersaksi dengan kata kata , hidupku sendiri dapat menjadi sebuah Injil yang terbuka tempat orang dapat bertemu dan mengenal Yesus)

Doa
Yesus , Engkau datang kepadaku dengan dua karunia, Engkau memberiku berkat dan penghiburan, dan menganugerahkan kepadaku tugas perutusan. Seperti Musa, aku mencari cari alasan untuk menolak. Seperti Yesaya, aku juga merasa  tidak layak, dan seperti Yeremia aku merasa tidak siap, Namun aku melihat mata-Mu menembus hingga kedasar jiwaku. Aku dapat mendengar suara-Mu memanggilku dari rasa ingat diri dan kesombongan, Aku tahu, alasanku tidaklah murni. Pikiranku terbang ke Kalvari dan melihat penderitaan-Mu demi  umat manusia, Dihadapanku aku melihat diri-Mu. Dapat kurasakan denyut jantung  kerinduan Mu kepada umat manusia. Aku akan pergi, Tuhan aku akan pergi. Sukar, tetapi Engkau berjanji tak akan meninggalkanku sendirian.
Yesus, datang dan jamahlah hatiku dengan kerlip cinta-Mu Bukalah mata kami,  lancarkan lidah kami untuk bersaksi tentang kabar sukacita keselamatan, damai dan cinta. Kekuatan-Mu didalam Ekaristi itu tidak terbatas. Dengan kekuatan itu kami akan pergi. Berkatilah kami hari ini dan isilah hati kami dengan cinta-Mu yang penuh daya dan murni. Biarlah kekuatan-Mu  yang penuh cinta dan menyembuhkan mengalir dari altar ini. Amin.

(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KEDELAPAN

Bisikan  Kristus
Anak-Ku terkasih, merapatlah kesisi-Ku, hiruplah sedalam dalamnya cinta-Ku yang penuh daya dan tanpa syarat. Untuk dirimu aku menjadi manusia, untuk dirimu Aku hidup, untuk dirimu Aku wafat, untuk dirimu Aku bangkit kembali, Untuk dirimu Aku bertahta di Altar ini. Aku tahu penderitaan tersembunyi dipikiranmu, ketakutan tak  terlihat di kedalaman hatimu, keragu raguan, kecemasan, dan penderitaan setiap hati manusia dihadapan-Ku, Aku mengetahui kelaparan orang  miskin, kesedihan orang yang kesepian, kepahitan orang yang ditolak dan kegalauan orang yang terbelenggu, Andaikan mereka memahami kekuatan dan cinta-Ku. Datanglah segera, mohonlah kekuatan dan cinta itu, bukan saja untuk dirimu tetapi juga untuk yang lain.  Hantarlah kepada-Ku orang yang lapar, yang cacat,  yang terjatuh, yang tertindas, yang cinta kekerasan dan yang sombong. Hantarlah semua orang kepada-Ku. Aku tidak menikmati penderitaan umat-Ku Aku datang untuk membawa pembebasan dan keselamatan. Anak-Ku, percayalah kepada-Ku dan jadilah rasul-Ku dalam doa dan karya nyata.

Refleksi

· Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang yang hendak mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu di hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya. ( Yeh 22:30 )
· Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang (Yes 62:6)
· Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu. (Ayub 42:10)

Doa
Tuhan, syukur dan pujian bagi-Mu atas segala yang telah Engkau lakukan bagi kami, Aku tak akan pernah meragukan cinta-Mu, terutama ketika aku memandang-Mu diatas Altar ini.  Tingkatkanlah kesadaranku, O Tuhan, sehingga dalam doaku aku mempersembahkan kepadamu kebutuhan dunia. Tuhan , Engkau yang memberi makan ribuan orang, kasihanilah orang orang yang lapar dan yang kesulitan dalam keuangan. Penuhilah kebutuhan mereka sesuai dengan kemurahan hati-Mu.
Engkau datang membawa damai dan hidup namun disekitarku masih kutemukan penderitaan dan kekerasan, pertumpahan darah dan kehancuran. Siapakah yang dapat menyelamatkan kami dari penderitaan dan kemalangan ini?  Hanya Engkau Tuhan. Hanya  Engkau yang dapat mengusir setan dan menghancurkannya. Engkau bangkit dari kubur dan mengalahkan kematian, Diatas Altar ini kekuatan-Mu tak terkalahkan, Cinta-Mu itu penuh daya dan tak akan berakhir, Sembuhkanlah kami, ampunilah kami, bebaskanlah kami, Biarlah kuasa cinta-Mu menyabarkan orang yang penuh amarah. Sembuhkanlah semua kepahitan, singkirkanlah senjata dan perang dan usirlah dari dunia ini iblis kekerasan dan penyiksaan. Bebaskanlah umatmu O Tuhan . Amin
(Saat hening)
(Daraskan Rosario Kerahiman Ilahi [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu.)

HARI  KESEMBILAN

Bisikan  Kristus
Bersukacitalah anak Ku, bersyukur dan bermadahlah. Waktu yang kau lewatkan bersama KU tidak sia sia. Terberkatilah engkau karena masih boleh hidup. Berkat teragung yang telah engkau terima ialah karunia iman dan iman akan membuatmu menjadi sempurna.Engkau sudah mengalami doamu dikabulkan, permohonan lain yang telah disampaikan akan didengar dan dikabulkan. Aku mengabulkan doa doa dan menyembuhkan yang terluka. Namun, sekali lagi Aku meminta kepadamu utuk membiarkan diriKu berkarya menurut caraKu. Ijinkanlah Aku mengabulkan doa doa menurut ukuranKu, pada waktu yang tepat menurut perhitunganKu. Percayalah , Aku melihat dan memahami semuanya. Aku dapat melihat sesuatu sebelum terjadi. Aku tak akan membiarkan dirimu menderita yang tidak perlu.Datanglah sesering mungkin.Kalau engkau sibuk , paling  kurang mampirlah sejenak, Aku selalu menyambutmu, mengajarmu, memilikimu dan membebaskanmu. Aku akan memenuhi hatimu dengan RohKudan engkau dapat  kembali ke lingkunganmu dengan tenang dan penuh kedamaian serta mampu mengatasi persoalan hidup hari ini. Aku akan selalu besertamu untuk meredakan badai didalam hidupmu.Engkau telah menyaksikan kekuatanKu dalam karya nyata beberapa hari terakhir ini, kesaksian cinta dan daya kekuatanKu. Kisahkanlah kepada orang lain kekuatan dan cintaKu kepada mereka dalam Ekaristi. Dan yang terpenting, ijinkanlah mereka melihat diriKu, Tuhan yang penuh cinta dan kuasa didalam hidupmu. Sebarkanlah undangan-KU kepada mereka dan datanglah kembali anakKu. Aku masih mempunyai banyak hadiah bagimu,yang tersimpan dalam perbendaharaanKu.

Refleksi

· Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.  ( Mat 11: 28-29 )
· Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.  (1 Ptr 5:6-7)
· TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. ( Bil 6:24-26 )
· Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."  ( Yos 1:9 )

Doa

Tuhan Allahku, Engkau telah menyentuh hatiku selama sembilan hari bersamaMu. Alangkah indahnya boleh berdiam dirumah Tuhan. Tuhan , aku memuji Engkau untuk rasa damai dan berkat yang telah aku terima. ( Sebutlah berkat berkat tersebut )
Sabda yang telah Kau anugerahkan  kepadaku adalah Roh dan Kehidupan. Sungguh Tuhan aku merasa lebih bahagia dan penuh daya hidup. Aku datang sebagai pendosa, aku datang dengan hati yang dipenuhi kecemasan, ketika jiwaku dijejali kesepian dan luka, ketika hatiku meratap bagi mereka yang aku cintai. Aku datang dengan tubuh yang tercabik cabik oleh keletihan dan penderitaan.
Engkau menerima diriku O Yesus, Engkau menawarkan perlindudngan didalam hati-Mu yang agung dalam Ekaristi. Engkau mencintai aku dan mencurahkan roh-Mu laksana hujan. Dan kini , Tuhanku terkasih, dengan hati yang dipenuhi rasa syukur, aku bersujud dihadapan-Mu dan berkata terima kasih.
( Hening sejenak)
( Daraskan Rosario Kerahiman Illahi, [Chaplet of the Mercy] dan persembahkan niatmu )

Jawaban Yesus

Anakku, engkau tak perlu berbuat banyak hal untuk menyukakan hati-Ku. Cintailah Aku dengan tulus. Berbicaralah kepada-Ku seperti ketika engkau melakukannya dengan ibumu, dikala ia merangkulmu. Tak ada lagi orang yang dapat engkau anjurkan untuk-Ku? Beritahukan kepada-Ku nama nama kaum keluarga dan para sahabatmu.  Sebutkanlah setiap nama dan apa yang harus Aku lakukan baginya. Mari kita buat kesepakatan. Aku mencintai orang yang melupakan diri sendiri demi orang lain.
Ceritakanlah  kepada-Ku orang orang miskin yang hendak kau tolong, orang sakit yang menderita, pendosa yang hendak engkau tobatkan, orang terpisah darimu yang ingin kau dapatkan  lagi perhatiannya. Doakanlah mereka semua. Ingatkanlah Aku selalu , bahwa Aku telah berjanji untuk mengabulkan setiap doa yang disampaikan secara tulus, terutama doa yang dihaturkan dengan sepenuh hati bagi mereka  yang dicintai dan yang mencintai dirimu.
Tak ada sesuatu yang kau inginkan bagi dirimu sendiri. Kalau engkau suka, tuliskan daftar keinginanmu, segala kebutuhan jiwamu, kemudian datang dan bacakan bagi-Ku, Ceritakanlah kepada-Ku betapa engkau seorang yang  cinta diri, sombong, kurang sabar, ingat diri, pengecut dan malas. Mintalah tolong kepada-Ku, anak-Ku yang malang. Jangan malu, di Surga ada banyak orang kudus yang melakukan kesalahan yang sama seperti dirimu. Mereka berdoa kepada-Ku dan sedikit demi sedikit mereka dipulihkan.Jangan  ragu ragu untuk meminta keberhasilan. Aku dapat memberikan segala sesuatu dan akan selalu memberikannya kalau karunia itumembuat jiwamu semakin suci. Apa yang kaubutuhkan hari ini, anak-Ku ? Oh andaikan saja engkau tahu betul Aku rindu berbuat sesuatu yang baik untuk dirimu,Tak adakah rencana yang menarik perhatianmu ? Ceritakan kepada-Ku. Adakah kaitannya dengan panggilanmu ? Apa yang kaupikirkan ? Apa yang engkau inginkan ? Apakah engkau berencana menghibur ibumu, keluargamu, pelindungmu ? Apa yang ingin kau lakukan bagi mereka ?
Tak adakah keinginanmu untuk diri-Ku ? Tidakkah engkau ingin berbuat sesuatu bagi jiwa jiwa temanmu, mereka yang engkau cintai, mereka yang mungkin melupakan diri-Ku ? Katakanlah apa yang menarik perhatianmu, motivasi apa yang mendorongmu, rencana apa yang akan engkau lakukan?
Tunjukkan kegagalanmu, Aku akan menunjukkan penyebabnya, Siapa yang ingin kau libatkan dalam karyamu ? Aku Tuan atas semua hati, anak-Ku. Aku menuntun mereka dengan penuh kasih ketempat yang Aku kehendaki Jangan takut, Aku akan mengantar kepada orang orang yang engkau perlukan. Adakah sesuatu yang menjengkelkanmu ? Anak-Ku ceritakan dengan seksama kejengkelanmu , Siapa yang menyakitimu ? Siapa yang melukai rasa cintamu ? Siapa yang memperlakukanmu secara tidak hormat ? Ceritakan semua kepada-Ku dan berjanjilah, engkau akan mengampuni dan melupakannya, Aku akan memberkatimu.Apakah engkau cemas dengsn sesuatu yang menyakitkan ? Adakah didalam jiwamu ketakutan yang tak jelas  dan tak beralasan tetapi menyiksa dirimu? Percayalah sepenuhnya pada penyelenggaraan-Ku Aku disini menyaksikan segalanya. Aku tdk akan meninggalkan  engkau. Adakah diantara teman temanmu yang menjadi kurang ramah daripada sebelumnya, yang mengabaikan dirimu dengan bersikap dingin dan dan melupakanmu, tanpa sesuatu yang sengaja engkau lakukan untuk melukai mereka? Berdoalah bagi mereka dan Aku akan menghantar mereka kembali kepadamu, kalau bersahabat dengan mereka penting buatmu.Adakah kegembiraan yang ingin engkau ceritakan kepada-Ku?  Mengapa tidak engkau ungkapkan kegembiraanmu? Ceritakanlah kepada-Ku apa yang terjadi kemarin, yang menghibur dan membuatmu kelihatan bahagia, yang menggembirakanmu. Sesuatu yang tak dinantikan membuatmu gembira, ketakutan terhapus, , tiba tiba engkau menggapai keberhasilan yang tidak engkau cari, engkau menerima tanda cinta..... sepucuk surat, sebuah hadiah, sejumlah cobaan membuat dirimu lebih kuat dari pada yang engkau duga, Aku menyediakan semuanya ini untukmu, anak-Ku. Mengapa engkau tidak bersyukur? Mengapa engkau tidak mengatakan. Aku berterima kasih kepada-Mu? Rasa syukur membawa kebaikkan. Seorang dermawan  senang kalau diingatkan tentang kebaikannya.Adakah janji yang ingin engkau ucapkan? Engkau tahu Aku mengetahui lubuk terdalam hatimu. Manusia dapat dibohongi tetapi Tuhan, karena itu berlakulah jujur.
Apakah engkau berniat untuk menghindari kesempatan dosa, menjauhi segala yang menuntunmu ke jalan yang salah, tidak membaca buku yang mengumpan nafsu, berhenti berteman dengan orang yang tidak beriman yang kehadirannya mengganggu ketenteraman jiwamu? Bersediakah engkau untuk segera menemui dan berlaku baik kepada orang yang menjengkelkanmu?Anak-Ku pergi dan lanjutkan pekerjaan harianmu. Jadilah orang yang tenang, jujur, sabar dan murah hati. Di hari esok, bawalah, kepada-Ku sebuah hati yang lebih penuh cinta dan pengabdian. Besok Aku mempunyai tugas baru untukmu.






0 komentar:

Post a Comment