July 7, 2019

PERNIK-PERNIK IMAN, AJARAN DAN TRADISI GEREJA KATOLIK


AJARAN DAN TRADISI GEREJA KATOLIK

Uskup Fulton J. Sheen dari Amerika Serikat pernah berkata, "Ada kurang dari 100 orang di dunia yang benar-benar membenci Gereja Katolik, namun ada jutaan orang yang membenci apa yang mereka mengerti secara keliru sebagai Gereja Katolik."

Berdasarkan fakta di atas maka selama bulan Juli ini saya akan mencoba untuk mengumpulkan karya/tulisan dari berbagai sumber dan penulis tentang Gereja Katolik dan ajarannya, lalu mengirimkan kepada para sahabat dengan tujuan untuk menjadi bahan bacaan sekaligus katekese tentang iman dan tradisi yang dihidupi di dalam Gereja Katolik.

Harapanku semoga lewat tulisan-tulisan ini Anda semakin mencintai Gereja Katolik dan turut serta mewartakan kebenaran ajaran dan tradisinya kepada orang-orang di sekitarmu.

1. APA ITU GEREJA KATOLIK?
2. EMPAT SIFAT GEREJA KRISTUS
3. PRIMAT PETRUS ( 1 )
4. PRIMAT PETRUS ( 2 )
5. PRIMAT PETRUS ( 3 )


6. 10 HAL YANG MEMBUAT KITA PATUT  BERBANGGA MENJADI ORANG KATOLIK
Oleh; Adrian B.

10 Hal yang membuat kita patut berbangga menjadi orang Katolik, Amorpost.com-Kata bangga sungguh berbeda dengan kata sombong. Kita bangga berarti ada keunggulan yang kita miliki sehingga kita menjadi optimis dan tetap pada pendirian yang kita punya.

Lebih lanjut, ketika kita bangga, kita mengakui kelebihan kita sekaligus tetap rendah hati dengan kelebihan yang kita miliki. Kita bangga berarti kelebihan yang kita miliki adalah energi, keunikan dan anugerah yang membuat kita gigih, tabah dan tidak putus asa di kala kita jatuh.

Sebaliknya sombong berarti melihat kelebihan yang kita miliki bukan lagi sebagai keunikan atau anugerah tetapi sebagai bahan untuk menonjolkan diri. Akibatnya kita mudah merendahkan orang lain.

Menengok kembali judul di atas, maka tepatlah kita perlu melihat hal-hal yang membuat kita bangga sebagai orang Katolik. Hal-hal yang membuat kita tetap teguh dalam iman kita karena keunggulan yang kita miliki, terlebih hal-hal tersebut sudah tahan uji berabad-abad lamanya.

10. Gereja Katolik adalah gereja yang didirikan oleh Yesus Kristus dan Ia mengutus Roh Kudus untuk membimbing Gereja ini. Jadi, dasarnya adalah Yesus dan sumbernya bimbingannya Roh Kudus.

9. Gereja Katolik telah membebaskan begitu banyak penderitaan daripada kelompok lain dalam sejarah dunia ini. Gereja ini merawat orang yang sakit, yang lapar, yang kesepian, tunawisma yang tidak berpendidikan dan yang dipenjara dan lain sebagainya. Kita patut berbangga, bukan?

8. Kita memiliki sejarah dan misteri untuk benar-benar memahami Kekristenan kita. Kita membutuhkan perspektif sejarah dan sejarah agama Kristen adalah Katolik.

7. Kita memiliki para kudus. Mereka ini adalah pahlawan iman kita. Mereka adalah kelompok orang yang paling beragam dalam sejarah. Entah dari kaum yang paling kaya maupun miskin, entah berpendidikan maupun tak berpendidikan, entah kuat maupun lemah, mereka telah menjadi saksi Kristus yang nyata dalam sejarah iman Katolik.

6. Kita percaya pada kekuatan doa. Saat kita mengikuti entah misa harian maupun mingguan, kita mendoakan berbagai tempat di dunia terutama yang berada dalam konflik. Kita bukan hanya mendoakan Gereja Katolik saja, tetapi semua orang.

5. Entah kita berada di belahan bumi mana pun, misa tetap sama. Jika kita tidak mengerti bahasa yang digunakan, kita sadar bahwa sesuatu yang besar sedang terjadi. Kita sadar bahwa Yesus sungguh hadir dalam perayaan Ekaristi apapun bahasanya.

4. Gereja Katolik adalah pembela utama hak asasi manusia. Selama 2.000 tahun kita telah membela hak-hak orang apakah mereka Katolik atau tidak. Hal itu menunjukkan bahwa Katolik bukan hanya untuk kepentingan pribadi tetapi untuk semua orang atau universal.

3. Gereja Katolik memiliki misi yang besar yakni menyebarkan kasih Allah bagi semua orang. Oleh karena itu, ia mengundang setiap orang untuk terlibat dalam misi yang besar itu.

2. Yesus Kristus benar-benar hadir dalam Ekaristi.Ekaristi menjadi puncak dan sumber hidup kita.

1. Semua daftar di atas bisa ditambahkan maupun bisa dikurangi. Namun, yang paling utama adalah tanyakan dirimu sendiri, apa yang membuat kamu BANGGA MENJADI ORANG KATOLIK? Hanya kamu yang tahu jawabanmu. itulah Nomer Satu.

Semoga 10 hal yang membanggakan ini membuat kita semakin rendah hati dan optimis akan iman kita. Apa pun tantangan yang kita miliki, percayalah Tuhan Yesus besertamu selamanya. Shalom Amores….

Diambil dari sumber " Katolisitas.org"

Salam, doa dan berkat dari seorang sahabat untuk para sahabatnya ( Rinnong - Duc in Altum )

(Pastor Inno Ngutra, Pr - Ambon)


0 komentar:

Post a Comment