December 15, 2015

RENUNGAN HARI RABU 16 DESEMBER 2015

Bacaan Liturgi   Rabu  16 Desember 2015

Bacaan 1: Yesaya  45:6b-8.18.21b-25
Beginilah firman Tuhan, "Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain, yang menjadikan terang dan menciptakan gelap. Akulah yang memberikan kebahagiaan dan mendatangkan kemalangan. Akulah Tuhan yang membuat semuanya ini. Hai langit, teteskanlah keadilan dari atas, dan baiklah awan-awan mencurahkannya. Baiklah bumi membuka diri, dan bertunaskan keselamatan serta menumbuhkan keadilan. 
Akulah Tuhan yang menciptakan semuanya ini. Sebab beginilah firman Tuhan, yang menciptakan langit dan bumi. Dialah Allah yang membentuk menjadikan serta menegakkan bumi; yang menciptakan bumi bukan supaya kosong, melainkan supaya didiami orang; Beginilah firman-Nya, "Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain. 
Akulah Tuhan! Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain Aku. Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku. Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain. Demi Aku sendiri Aku telah bersumpah, dari mulut-Ku telah keluar kebenaran, suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali: Semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa, 
sambil berkata, Hanya dalam Tuhanlah keadilan dan kekuatan. Semua orang yang telah bangkit amarahnya terhadap Dia akan datang kepada-Nya dan mendapat malu. Tetapi seluruh keturunan Israel akan nyata benar dan akan bermegah di dalam Tuhan." 
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur: Mzm 85:9a-14
Hai langit, teteskanlah keadilan, hai awan, curahkanlah keadilan.
*Aku ingin mendengar apa yang hendak difirmankan Allah! Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya? Sungguh, keselamatan dari Tuhan dekat pada orang-orang takwa, dan kemuliaan-Nya diam di negeri kita. *Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan merunduk dari langit. *Tuhan sendiri akan memberikan kesejahteraan, dan negeri kita akan memberi hasil. Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan damai akan menyusul di belakang-Nya.

Pengantar Injil   Yesaya  40:9-10
Nyaringkanlah suaramu, hai pembawa kabar baik. 
Lihat, Tuhan Allah datang dengan kekuatan.

Injil: Lukas  7:19-23
Yohanes memanggil dua orang muridnya, dan menyuruh mereka bertanya kepada Yesus, "Tuankah yang ditunggu kedatangannya, atau haruskah kami menantikan seorang lain?" Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata, 
"Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya, 'Tuankah yang ditunggu kedatangannya, atau haruskah kami menantikan seorang lain?" Pada saat itu Yesus sedang menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat; dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta. 
Maka Yesus menjawab, "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kalian lihat dan kalian dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa 
dan menolak Aku." 
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan
Terkadang kita mempunyai teman yang suka nya Cuma omong saja. Kalau sudah omong, tanpa berhenti, kita mau menyela atau sekedar komentar satu atau dua kalimat tidak bisa. Kalau bibirnya sudah cerita, terus diputar putar dan dibelok belokkan ke kanan dan kekiri, dan ceritanya menjadi seru banget. Tetapi yaitu orang macam begitu sukanya Cuma omong. Ketika saatnya sudah bekerja dan memerlukan ketekunan atau ketelitian dia tidak berkutik. Memang sukanya omong dan bukan bekerja.
Watak yang suka berteori dan omong sangat berlawanan denga Tuhan Yesus sebagaimana dalam Injil hari ini.Ketika dua murid Yohanes bertanya mengenai Mesias, apakah Tuhan Yesus sendiri Sang Mesias itu, Tuhan Yesus tidak menjawab dengan teori lalu menyajikan berbagai argumentasi dari sudut teologis, liturgis, sosial, antropologis, ekonomis, politis dst. Tidak, justru Tuhan Yesus menjawab secara konkret.  “....katakanlah kepada Yohanes apa yang kalian lihat dan kalian dengar:....” Dari seluruh isi Kitab Suci sebenarnya sudah jelas dan gamblang, ketika ada orang buta bisa melihat, orang kusta tahir, orang mati dibangkitkan  dst  itu adalah tanda bahwa Sang Mesias telah datang dan Dialah yang membuat semua yang menjadi baik itu.
Terkadang di antara kita senang berdiskusi dan berteori, apakah peraturan mengumpulkan kuitansi itu perlu, tanda tangan pada presensi itu perlu, memakai helm saat naik motor itu perlu ...dst. Bukankah aturan aturan itu baik dan tidak perlu didiskusikan lagi?

Butir permenungan
Banyak dalam praktek kehidupan kebiasaan kebiasaan yang baik yang dilakukan umat kita dan sudah dijalankan dalam tradisi seperti : Doa pagi, doa makan, doa Rosario, Doa Koronka, Doa Malaekat Tuhan, Doa malam keluarga, Adorasi Ekaristi dan Ekaristi, Tetapi masih ada umat yang terus berdiskusi,” Yang penting adalah ..... dan tidak harus doa tersebut....” itulah orang yang pintar berteori namun tidak melaksanakan.

Doa
Ya Tuhan , sadarkanlah kami bahwa banyak hal yang sudah baik yang sebenarnya tidak perlu didiskusikan lagi namun harus dilaksanakan. Amin.


0 komentar:

Post a Comment