December 19, 2015

RENUNGAN HARI MINGGU 20 DESEMBER 2015

Bacaan Liturgi Minggu  20 Desember 2015

Bacaan 1: Mikha  5:2-5a
Beginilah firman Tuhan Allah, "Hai Betlehem di wilayah Efrata, hai engkau yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, yang sudah ada sejak dahulu kala. Ia akan membiarkan mereka sampai saatnya perempuan yang mengandung itu telah melahirkan; lalu saudara-saudaranya yang masih ada akan kembali kepada orang Israel. Maka ia akan bertindak, dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan Tuhan, yaitu dalam kemegahan nama Tuhan Allahnya. Mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi, dan dia menjadi damai sejahtera. 
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur: Mzm 80:2ac.3b.15-16.18-19
Ya Allah, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka selamatlah kami.
*Hai gembala Israel, pasanglah telingamu, Engkau yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar. Bangkitkanlah keperkasaan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami. 
*Ya Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit, dan lihatlah! 
Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu! 
*Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan. Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu;  biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

Bacaan 2: Ibrani  10:5-10
Saudara-saudara, ketika Kristus masuk ke dunia, Ia berkata, "Kurban dan persembahan tidak Engkau kehendaki! Sebagai penggantinya Engkau telah menyediakan tubuh bagiku. Kepada kurban bakaran dan kurban penghapus dosa 
Engkau juga tidak berkenan. Maka Aku berkata: Lihatlah, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku, sebagaimana tertulis dalam gulungan kitab tentang Aku ." Jadi mula-mula Yesus berkata, 'Kurban dan persembahan tidak Engkau kehendaki, kepada kurban bakaran dan kurban penghapus dosa 
Engkau tidak berkenan' -- meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat; -- 
dan kemudian Ia berkata, "Lihat, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu." 
Jadi yang pertama Ia hapuskan untuk menegakkan yang kedua. 
Dan karena kehendak Allah inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya  oleh persembahan tubuh Yesus Kristus. 
Demikianlah sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil  Lukas 1:38
Aku ini adalah hamba Tuhan;  jadilah padaku menurut perkataanmu.

Injil: Lukas  1:39-45
Beberapa waktu sesudah kedatangan Malaikat Gabriel, bergegaslah Maria ke pegunungan, menuju sebuah kota di wilayah Yehuda. Ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Ketika Elisabet mendengar salam Maria, 
melonjaklah anak yang di dalam rahimnya, dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring, "Diberkatilah engkau di antara semua wanita, dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Sungguh, berbahagialah dia yang telah percaya, sebab firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana." 
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan
Orang yang mengembangkan keutamaan keutamaan lahir batin dan membagikannya untukmembangun kehidupan bersama adalah berkat bagi yang lain. Maria mengunjungi Elisabeth, artinya , kabar baik, Yaitdadalam u Tuhan Yesus yang masih dalam kandungan Maria telah  datang menjumpai Elisabeth sehingga ketika ia mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang didalam rahimnya. Bahasa tubuh itu menjadi gambaran relasi mendatang antara Yohanes Pembaptis da Tuhan Yesus. Sebab orang percaya bahwa gerakan janin didalam rahim mau berbicara tentang masa depannya. Misal Esau dan Jacob yang bertolak tolakan didala rahim Ribka (Kej. 25:22) diartikan sebagai perselisihan mereka dikemudian hari. Elisabeth pun penuh dengan Roh Kudus sehingga berseru “ diberkatilah engkau diantara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu”  Kata diberkatilah mengungkap karya Allah yang meberi berkat sehingga Maria menjadi perempuan yang paling diberkati. Sumber dan sasaran berkat itu adalah yang dikandungnya, sebab menurut konsep zaman dulu anaklah yang menyebabkan  seorang ibu dipandang terhormat. Kata kata berkat seperti itu  telah diucapkan untul Yael (Hakim 5:24) dan Yudit (Ydt 13:18) yang berjasa sebagai pembebas bangsa Israel.

Butir permenungan
Dengan berkat itu Maria dipandang sebagai wanita yang ambil bagian dalam pembebasan umat manusia lewat Sang Penebus yang dikandungnya, Karena itu jangan ikut ikutan menolak Tuhan Yesus, tetapi sambutlah Dia dengan hati murni.

Doa.
Ya Tuhan, kobarkanlah dalam diri kami semangat kasih-Mu kepada Bunda Putera-Mu , sebab kami memandang sebagai teladan pengikut Tuhan Yesus. Amin.





0 komentar:

Post a Comment