May 24, 2023

RENUNGAN HARIAN RABU 07 JUNI 2023

Kalender Liturgi Rabu  07 Jun 2023

Warna Liturgi: Hijau

Antifon   Pembuka

Kepada-Mu ya Tuhan  kuangkat jiwaku. Allahku, kepada-Mu aku percaya . Janganlah kiranya aku mendapat malu, janganlah musuh musuhku bersukaria atas aku.

 

Doa Kolekta.

Allah Bapa  Mahabaik, Engkaulah Penyelenggara segala sesuatu yang hidup. Perkenankanlah kami mengimani Engkau, Allah kami yang selalu menepati janji-Mu dengan setia.  Dengan perantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu,  yang Hidup dan Berkuasa  bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus,   Allah sepanjang segala masa


Bacaan I  Tb 3:1-11a.13.16-17
Pada waktu itu Tobit bersedih hati, mengeluh dan menangis.  Dengan keluh kesah ia berdoa begini,  "Engkau adil, ya Tuhan, dan adillah semua perbuatan-Mu.  Segala tindakan-Mu penuh belas kasih dan kebenaran.  Engkaulah hakim atas dunia semesta.  Oleh sebab itu, ya Tuhan, ingatlah akan daku, pandanglah aku.  Jangan aku Kauhukum sekedar segala dosa dan kekhilafanku  atau setimpal dengan dosa nenek moyangku!   Aku telah berdosa di hadapan-Mu dan melanggar segala perintah-Mu. Maka kami Kauserahkan untuk dirampasi, ditawan dan dibunuh. Kami Kaujadikan sindiran dan  tertawaan, orang ternista di tengah sekalian bangsa  di mana kami Kaucerai-beraikan.  Memang tepatlah hukuman-Mu,  jika kini aku Kauperlakukan sekedar segala dosaku.  Karena kami tidak memenuhi perintah-perintah-Mu,  dan tidak hidup baik di hadapan-Mu.  Kini berbuatlah kepadaku sekehendak-Mu,  sudilah mencabut nyawaku,  sehingga lenyaplah aku dari muka bumi dan kembali menjadi debu.  Sebab mati lebih berguna bagiku dari hidup.  Karena aku harus mengalami nista dan fitnah,  dan sangat sedih rasa hatiku.  Ya Tuhan, biarlah aku lepas dari susah ini,  biarlah aku lenyap menuju tempat abadi.  Janganlah wajah-Mu Kaupalingkan dari padaku, ya Tuhan.  Lebih bergunalah mati saja  daripada melihat banyak susah dalam hidupku. Sebab kalau mati, tidak dapat lagi aku mendengar nista."  Pada hari yang sama terjadilah  bahwa Sara, puteri Raguel, di kota Ekbatana di negeri Media  mendengar dirinya dihina  oleh seorang pelayan perempuan ayahnya.  Adapun Sara itu sudah diperisterikan kepada tujuh pria.  Tetapi mereka semua dibunuh oleh Asmodeus, setan jahat,  sebelum Sara bersatu mereka  sebagaimana layaknya seorang isteri.  Kata pelayan itu kepada Sara,  "Engkau sendirilah yang membunuh para suamimu!  Engkau sudah diperisterikan kepada tujuh orang,  tetapi tidak ada seorangpun yang kaunikmati!  Masakan kami kaucambuki karena mereka mati!  Baiklah engkau menyusul mereka saja, supaya kami tidak pernah  melihat seorang putera atau puteri dari engkau!"  Maka pada hari itu juga Sara sangat sedih hati,  lalu menangis tersedu-sedu.  Kemudian ia naik ke bilik atas kepunyaan ayahnya
dengan maksud menggantung diri.  Tetapi berpikirlah ia dalam hati,  "Kiranya ayahku nanti dinistakan karena hal itu  dan orang akan berkata kepadanya,  'Bapa hanya punya satu puteri kesayangan. Celaka Bapa, ia telah menggantung diri.' Niscaya karena sedihnya, ayahku yang lanjut umur itu akan mati. Lebih baik aku tidak menggantung diri, melainkan berdoa kepada Tuhan, supaya aku mati saja  sehingga tak usah mendengar lagi nista selama hidupku."  Segera Sara menadahkan tangannya, lalu berdoa, katanya,  "Terpujilah Engkau, ya Allah penyayang!  Aku mengarahkan mataku kepada-Mu.  Semoga aku dilenyapkan saja dari muka bumi,  sebab aku tidak mau lagi mendengar nista."  Pada saat itu juga kedua orang tersebut, yakni Tobit dan Sara,  dikabulkan permohonannya di hadapan kemuliaan Allah. Allah mengutus Rafael untuk menyembuhkan kedua-duanya,  yaitu dengan menghapus bintik-bintik putih dari mata Tobit,  sehingga ia dapat melihat cahaya Allah dengan matanya sendiri,  dan dengan memberikan Sara, puteri Raguel, kepada Tobia, putera Tobit, sebagai isteri,  dan dengan melepaskannya dari Asmodeus, setan jahat itu.  Memang Tobia lebih berhak memperoleh Sara  dari semua orang lain yang ingin memperisteri dia.  Pada saat yang sama  Tobit kembali dari pelataran masuk ke rumahnya,  dan Sara, puteri Raguel, turun dari bilik atas itu.
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan  Mzm 25:2-4a.4b-5ab.6-7bc.8-9
Kepada-Mu, ya Tuhan, kuarahkan jiwaku.
*Allahku, kepada-Mu aku percaya;  janganlah kiranya aku mendapat malu;  janganlah musuh-musuhku beria-ria atas diriku.
*Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya Tuhan,  tunjukkanlah lorong-lorong-Mu kepadaku.  Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku,  sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan daku.
*Ingatlah segala rahmat dan kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala. Ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu,  oleh karena kebaikan-Mu, ya Tuhan.
*Tuhan itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat.  Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum,  dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang bersahaja.

Bait Pengantar Injil  Yoh 11:25a.26
Akulah kebangkitan dan kehidupan.  Barangsiapa percaya kepada-Ku, tak akan mati.

Bacaan Injil  Mrk 12:18-27
Pada suatu hari, datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki,  yang berpendapat, bahwa tidak ada kebangkitan.  Mereka bertanya kepada-Nya,  "Guru, Musa menuliskan perintah ini untuk kita, 'Jika seseorang yang mempunyai saudara laki-laki,  mati dengan meninggalkan seorang isteri  tetapi tidak meninggalkan anak,  saudaranya harus kawin dengan isterinya itu  dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya.'  Ada tujuh orang bersaudara. Yang pertama kawin dengan seorang wanita,  lalu mati tanpa meninggalkan keturunan.  Maka yang kedua mengawini dia,  tetapi juga mati tanpa meninggalkan keturunan.  Demikian juga yang ketiga.  Dan begitulah seterusnya,  ketujuh-tujuhnya tidak meninggalkan keturunan. Akhirnya wanita itu pun mati.  Pada hari kebangkitan, bilamana mereka bangkit, siapakah yang menjadi suami perempuan itu?  Sebab ketujuh-tujuhnya telah beristerikan dia."  Jawab Yesus kepada mereka,  "Kalian sesat,  justru karena kalian tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah.  Sebab di masa kebangkitan orang mati,  orang tidak kawin atau dikawinkan;  mereka hidup seperti malaikat di surga.  Mengenai kebangkitan orang mati,  tidakkah kalian baca dalam kitab Musa,  yaitu dalam ceritera tentang semak berduri,  bahwa Allah bersabda kepada Musa,  'Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub?
Allah bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup.  Kamu benar-benar sesat."
Demikianlah sabda Tuhan. 

Renungan.

Kita percaya bahwa luasnya wawasan meningkatkan pengertian. Banyaknya pengalaman mempertajam sikap  Tingginya pendidikan memberdayakan hidup yang tepat guna. Terlatihnya diri mempermudah dan memperindah hidup.  Lembutnya hati menenangkan pikiran dan suasana. Kasih meyakinkan kita bahwa kesalahan bukanlah kegagalan. Iman membukakan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.  Yesus menyadarkan kita bahwa jalan, kebenaran dan kehidupan sejati bukanlah didalam bumi ini , tetapi didalam Dia. Semua hal tersebut  kita butuhkan dan membutuhkan kita, mengandalkan  dan kita andalkan, menguatkan kita dan kita kuatkan, Inilah yang membuat makin bijak dalam kehidupan dan makin pantas dalam kehidupan surgawi.  Tidak semua yang kita alami, lihat, baca, dengar, rasakan, pikirkan, tanyakan dan katakan adalah benar. Yang salah bisa terulang dan yang benar bisa hilang, namun tidak berarti yang salah menang, dan yang benar kalah. Bisa jadi kita mati,  tetapi yang salah tetap ada , ini bukanlah pertanda matinya kebenaran . Suatu kehidupan bisa punah, tetapi kebenaran tidak akan punah.  Orang benar bisa binasa, tetapi kebenaran sejati itu tidak akan binasa. Karena bersama Tuhan . kita pasti dihiasi salib penderitaan, tetapi pasti dihantar pada mahkota kebangkitan dan kehidupan abadi.  Apa yang diperjuangkan oleh Santo Yustinus yang kita peringati hari ini, adalah kebenaran iman. Dia tahu siapa yang dia percaya, dan Tuhan mempercayai dia. Oleh karena itu , ia tidak takut menjadi martir. Sebab kematian adalah jalan menuju kebangkitan.  Rasul Paulus pun menekankan bahwa Yesus adalah dasar pengharapan kita dan ia menyertai kita, Yesus selalu mengajarkan belas kasih , bukan hukum. Tetapi banyak orang berhenti pada ajaran dan hukum, tidak sampai pada kasih yang menghidupkan.

Butir permenungan.

Orang Saduki bertanya  tentang kebangkitan , tetapi mereka sendiri tidak percaya akan kebangkitan , ini menjadi peringatan bagi kita, Apapun yang kita ketahui, alami dan pelajari, jika tidak diyakini akan membuahkan kedangkalan dan bisa menuntun kita pada kehidupan yang salah.  Mari kita serahkan kembali hati kita , aturan, didikan pekerjaan dan pengertian itu penting. Tetapi takut akan Tuhan dan belas  kasih-Nya lah yang menuntun kita pada kebenaran sejati.  

Doa.

Ya Tuhan yang mahabaik, ajarilah kami umat-Mu untuk senantiasa  pasrah dan percaya bahwa kami tidak sendirian dalam menghadapi kehidupan ini karena Engkau selalu menyertai kami. Amin.

 

 

 

 

Akulah kebangkitan dan kehidupan.  Barangsiapa percaya kepada-Ku, tak akan mati.

0 komentar:

Post a Comment