October 22, 2020

RENUNGAN HARIAN MINGGU 1 NOPEMBER 2020

Kalender Liturgi Minggu 1 Nov 2020

HR  Orang Kudus.
Warna Liturgi: Putih

Bacaan I  Why 7:2-4.9-14
Aku, Yohanes, melihat seorang malaikat  muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup.  Dengan suara nyaring ia berseru kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut, katanya,  "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami  pada dahi mereka!"  Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu  yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.  Kemudian dari pada itu aku melihat suatu kumpulan besar orang banyak  yang tidak terhitung jumlahnya, dari segala bangsa dan suku, kaum dan bahasa. Mereka berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih,  dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dengan suara nyaring mereka berseru, "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta, dan bagi Anak Domba!"  Dan semua malaikat berdiri  mengelilingi takhta, tua-tua dan keempat makhluk yang ada di sekeliling takhta itu. Mereka tersungkur di hadapan takhta itu dan menyembah Allah sambil berkata,  "Amin! Puji-pujian dan kemuliaan, hikmat dan syukur,  hormat, kekuasaan dan kekuatan  bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!" Seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku,  "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu, dan dari manakah mereka datang?"  Maka kataku kepadanya,  "Tuanku, Tuan mengetahuinya!"  Lalu ia berkata kepadaku,  "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan besar!   Mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih  di dalam darah Anak Domba."
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan  Mzm 24:1-2.3-4ab.5-6
Inilah angkatan orang-orang yang mencari wajah-Mu, ya Tuhan.
*Milik Tuhanlah bumi dan segala isinya,  jagat dan semua yang diam di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkannya bumi di atas lautan, dan menegakkannya di atas sungai-sungai.
*Siapakah yang boleh naik ke gunung Tuhan?  Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?  Orang-orang yang bersih tangannya dan murni hatinya,  yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan.
*Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan  dan keadilan dari Allah, penyelamatnya. Itulah angkatan orang-orang yang mencari Tuhan, yang mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub.

Bacaan II  1Yoh 3:1-3
Saudara-saudara terkasih,  Lihatlah, betapa besar kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita,  sehingga kita disebut anak-anak Allah,  dan memang kita sungguh anak-anak Allah.  Karena itu dunia tidak mengenal kita,  sebab dunia tidak mengenal Dia.  Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita ini sudah anak-anak Allah, tetapi bagaimana keadaan kita kelak belumlah nyata.  Akan tetapi kita tahu bahwa, apabila Kristus menyatakan diri-Nya,  kita akan menjadi sama seperti Dia,  sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.  Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, ia menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.
Demikianlah sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil  Mat 11:28
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat,  Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Bacaan Injil  Mat 5:1-12a
Sekali peristiwa  ketika melihat banyak orang yang datang,  Yesus mendaki lereng sebuah bukit.  Setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya. Lalu Yesus pun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya,  "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah,  karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga.  Berbahagialah orang yang berdukacita,  karena mereka akan dihibur.  Berbahagialah orang yang lemah lembut,  karena mereka akan memiliki bumi.  Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran,  karena mereka akan dipuaskan.  Berbahagialah orang yang murah hati,  karena mereka akan beroleh kemurahan.  Berbahagialah orang yang suci hatinya,  karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya demi kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah kamu,  jika demi Aku kamu dicela dan dianiaya,  dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat; bersukacita dan bergembiralah,  karena besarlah ganjaranmu di surga."
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan.

Sudah dua tahun , teman saya yang adalah seorang pendeta , menggunakan kalender liturgi Gereja Katolik, Ia bersaksi, “Tuhan telah menyediakan firman yang dapat saya pakai lepas hari. Saya tidak perlu mencari cari apa yang perlu saya khotbahkan untuk keluarga dan jemaat saya.” Banyaknya bacaan pada tahun A,B dan C meyakinkan dia bahwa orang Katolik membaca firman dari Kitab Kejadian sampai Kitab Wahyu, lebih komplit dari yang ia duga. Hal yang satu ini sangat mengesankan pribadi saya ketika ia mengatakan “Hanya Gereja Katolik yang mempunyai Orang Kudus dan kenal riwayatnya. Ada yang diperingati, ada yang dipestakan, ada yang dirayakan. Saya mempunyai buku riwayat Orang Kudusnya Gereja Katolik, Puji Tuhan, luar biasa.” Saya bercanda dalam hati, “Hanya satu yang perlu engkau lakukan, Ikutlah aku.”  Hari ini kita merayakan Hari Raya  Semua Orang Kudus. Pendeta yang terlibat dalam percakapan dengan saya meminta pencerahan , “Bila hampir setiap hari ada Orang Kudus yang diperingati, lalu mengapa masih ada Hari Raya Semua Orang Kudus pada tanggal 1 November ? Siapakah mereka ini? “   Dalam Kitab Wahyu dikatakan bahwa mereka adalah “suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak terhitung jumlahnya , dari segala bangsa dan suku, kaum dan bahasa. Mereka berdiri dihadapan tahta dan dihadapan Anak Domba. memakai jubah putih .... Mereka  ini adalah orang orang yang keluar  dari kesusahan  besar . Mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih didalam darah Anak Domba” Kumpulan besar orang banyak yang tidak terhitung jumlahnya hendak memperlihatkan kepada kita bahwa Orang Kudus yang digelari Santo Santa dan Beato Beata oleh Gereja baru merupakan kelompok kecil saja. Bersama mereka masih banyak orang kudus yang tidak terhitung jumlahnya, maka Gereja merayakan semua Orang Kudus dalam satu hari khusus. Mereka telah diselamatkan oleh penderitaan , wafat dan kebangkitan Kristus. Semua orang yang percaya pada Yesus Kristus , yang dengan segenap hati mendengar dan melaksanakan sabda-Nya, disapa dengan Sabda Bahagia oleh Yesus Kristus , Tuhan kita. Orang orang kudus itu adalah orang orang yang telah berbahagia dihadapan Tuhan . Mereka berdiri dihadapan Tuhan, memandang wajah Tuhan dan memuliakan-Nya.

Butir permenungan.

Bagaimana dengan kita yang sedang berziarah di dunia ini? Apakah kita termasuk dalam kumpulan orang banyak yang layak disebut kudus? Rasul Yohanes dalam suratnya yang pertama menggembirakan hati kita.. “Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada –Nya , ia menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci”  Pengharapan hanya tinggal pengharapan bila kita hanya duduk menunggu , Pengharapan kita hendaknya terwujud dalam tindakan aktif menyucikan diri. Ada banyak tantangan tetapi jangan takut menjadi suct atau kudus karena kita terhitung dalam keluarga besar yang disebut Persekutuan Orang Kudus . Lewat persekutuan dengan para kudus , kita diajak saling membantu untuk mencapai kekudusan yang ditawarkan Tuhan , yakni menjadi sempurna seperti Bapa di Surga sempurna adanya.

Doa.

Allah Yang Mahakuasa dan Kekal, Engkau menghendaki agar kami menghormati semua Orang Kudus-Mu . Kami mohon , anugerahkanlah kelimpahan belas kasih-Mu yang kami rindukan berkat bantuan doa semua Orang Kudus . Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat,  Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

0 komentar:

Post a Comment