October 5, 2020

RENUNGAN HARIAN JUMAT 9 OKTOBER 2020

Kalender Liturgi  Jumat 9 Okt 2020
PF S. Yohanes Leonardus, Imam PF S. Dionisius, Uskup dkk. Martir
Warna Liturgi: Hijau

Bacaan I  Gal 3:7-14
Saudara-saudara,  kalian mengerti bahwa yang disebut anak-anak Abraham  ialah mereka yang hidup dari iman. Ada pun Kitab Suci sudah tahu sebelumnya, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi berkat iman. Maka Kitab Suci dahulu sudah mewartakan Injil kepada Abraham,  "Olehmu segala bangsa akan diberkati." Jadi mereka yang hidup dari iman akan diberkati  bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu. Sebaliknya semua orang yang hidup dari pelaksanaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis, "Terkutuklah orang  yang tidak melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam hukum Taurat."  Memang tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah
karena melakukan hukum Taurat. Hal itu jelas, karena "Orang yang benar akan hidup berkat imannya."  Padahal dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan perbuatan, sebab tertulis, "Barangsiapa melakukannya, akan hidup karenanya."  Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat  dengan jalan menjadi kutuk karena kita.  Sebab ada tertulis, "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"  Yesus Kristus telah melakukan itu, supaya dalam Dia  berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan  Mzm 111:1-2.3-4.5-6
Tuhan selalu ingat akan perjanjian-Nya.
*Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati,  dalam lingkungan orang-orang benar dan dalam jemaah.  Besar perbuatan-perbuatan Tuhan,  layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
*Agung dan bersemarak pekerjaan-Nya,  keadilan-Nya tetap untuk selama-lamanya. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan peringatan. Tuhan itu pengasih dan penyayang.
*Kepada orang takwa diberikan-Nya rezeki  selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya.

Bait Pengantar Injil  Yoh 12:31b-32
Sekarang penguasa dunia ini dibuang ke luar, sabda Tuhan; dan bila Aku telah ditinggikan dari bumi,  Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.

Bacaan Injil  Luk 11:15-26
Sekali peristiwa,  Setelah Yesus mengusir setan, ada beberapa orang yang berkata, "Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, kepala setan."  Ada pula yang mencobai Dia dan meminta tanda dari surga.  Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata, "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah, pasti binasa. Dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh. Jika Iblis juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimana mungkin kerajaannya dapat bertahan? Sebab kalian berkata, bahwa Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul.  Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul,  dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusir setan?  Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu. Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Apabila seorang yang kuat dan bersenjata lengkap menjaga rumahnya, amanlah segala miliknya. Tetapi jika seorang yang lebih kuat daripadanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya. Barangsiapa tidak bersama Aku, ia melawan Daku, dan barangsiapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.  Apabila roh jahat keluar dari manusia,  ia mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian;  dan karena tidak mendapatnya, ia berkata, 'Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.'  Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu telah bersih tersapu dan rapi teratur.  Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain  yang lebih jahat daripadanya, dan mereka masuk dan tinggal di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk daripada keadaannya semula."
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan.

Tidak ada orang yang tahu kapan hari terakhir atau hari penghakiman Tuhan tiba. Meskipun pada bacaan hari ini dengan jelas dikisahkan suasana hari tersebut, tetapi untuk kepastian kapan terjadinya tidak dijelaskan. Dua bacaan hari ini mengajak kita untuk berjaga dalam segala hal . Berjaga jaga hanya dapat dilakukan dengan mengandalkan Allah , yakni dengan berdoa , mendengarkan Sabda Allah dan tekun melaksanakan kasih sepanjang hidup. Namun ketiga hal itupun bukan menjadi jaminan keselamatan , karena pada bacaan kedua juga menceritakan bagaimana roh jahat kembali kerumah yang sebelumnya ditinggalkan karena sudah bersih. Bahkan roh jahat itu kembali dengan kekuatan yang lebih besar dan berhasil kembali memporak porandakan rumah itu . Rumah yang dimaksud adalah hati kita. Sebagai manusia yang tidak akan pernah sempurna , demikian juga hati kita tidak akan selalu bersih , meskipun kita selalu berusaha hidup tekun dalam doa, mendengarkan Sabda Tuhan secara rutin, juga bukan jaminan otomatis menjadi suci. Ingat , bahkan saat Yesus berpuasapun setan masih menggoda.  Yesus mengetahui kelemahan kita , maka Dia memberikan sebuah janji keselamatan bagi setiap orang yang berusaha hidup mengandalkan Dia. Salah satu cara hidup dengan mengandalkan Dia adalah dengan mengusahakan yang baik bagi semua orang, menanggalkan ke aku an kita , bekerja dan berkarya dalam kemuliaan Allah, bukan untuk kemuliaan Allah , karena Allah sudah mulia sejak dahulu. Jika kita bekerja dan berkarya dalam kemuliaan Allah, maka Ia sendirilah yang akan melengkapi kekurangan dari apa yang sudah kita perbuat.

Butir permenungan.

Bulan ini bulan khusus untuk menghormati Bunda Maria . Suatu pagi sebelum mulai Perayaan Ekaristi ada seorang nenek yang selalu setia dengan manik manik Rosario , saya mendekatinya dan bertanya : “Ibu tahu makna Doa Rosario?”  Dia menjawab “Tidak tahu, hanya yang saya tahu adalah Rosario adalah doa paling mudah”.   Apa yang dikatakan ibu tua itu sangat benar . Awal terjadinya doa Rosario adalah kemudahan berdoa dengan bentuk pengulangan sebagaimana doa Bapa Kami  bagi para Rahib yang kurang bisa membaca  doa brevir. Apakah pengulangan doa ini tidak menimbulkan kesan bertele tele sebagaimana diungkapkan Yesus? Tentu saja tidak, karena doa ini sifatnya meditatif. Dewasa ini gerakan pencinta Maria ditunjukkan dengan mengadakan ziarah ke berbagai Gua Maria. Doa Rosario dan juga penghormatan kepada Bunda Maria harus menghantar orang pada suatu penghayatan rohani yang kontemplatif yaitu merenungkan seluruh alur kehidupan nyata  dan mempersatukannya dengan kekuatan daya ilahi sehingga menghasilkan buah buah kebaikan.  Paus Yohanes Paulus II mengatakan bahwa Rosario adalah sebuah doa yang sangat disukai oleh para santo / santa  , dan didukung oleh kuasa mengajar Gereja (magisterium)  Doa ini punya makna yang sungguh berarti karena membawa orang kepada kesucian. Doa Rosario pada intinya  adalah doa yang berpusat pada Kristus. Doa ini memiliki kedalaman pesan Injil secara menyeluruh. Bahkan dapat dikatakan bahwa doa Rosario adalah ringkasan dari seluruh pesan Injil. Untaian mawar yang kita persembahkan kepada Bunda Maria merupakan pernyataan diri  kita juga untuk berserah seperti Maria, “terjadilah padaku menurut perkataan – Mu.”  Doa Rosario , doa yang sangat sederhana namun mewariskan gairah kontemplasi dan kasih seorang ibu yang siap sedia menjaga dan melindungi anak anaknya. Doa ini lahir dari iman sebagaimana Bunda Maria  yang hidup oleh imannya. Sangat  benar apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Galatia , "Barangsiapa melakukannya, akan hidup karenanya."  Gereja menghimbau agar umat berdoa Rosario untuk memohon perlindungan Bunda Maria  atas Gereja dari segala rongrongan musuh dan kejahatan . Rosario jelas bukan doa yang lahir  dari persekutuan kuasa setan tetapi karena kuasa Allah. Buah buahnya bukan menghancurkan , melainkan mempersatukan . Cintailah doa Rosario sepanjang hidupmu.  

Doa.

Ya Bapa yang maha bijaksana, kami mohon semoga kami dapat meneladani hidup Bunda Maria sehingga kami dapat meningkatkan seluruh peristiwa hidup kami sesuai dengan kehendak-Mu  Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekarang penguasa dunia ini dibuang ke luar, sabda Tuhan; dan bila Aku telah ditinggikan dari bumi,  Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.


 

0 komentar:

Post a Comment