October 13, 2018

RENUNGAN HARIAN ( SABTU 20 OKTOBER 2018 )

Bacaan Liturgi Sabtu 20 Oktober 2018

Bacaan Pertama  Ef 1:15-23
Saudara-saudara, aku telah mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus. Maka aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kalian, dan dalam doaku kalian selalu kukenangkan. Kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus,  yaitu Bapa yang mahamulia, aku mohon supaya kalian dberi-Nya Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar; supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kalian mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya, yaitu betapa kaya kemuliaan yang dijanjikan akan diwarisi oleh orang-orang kudus dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya. Kekuatan itu sesuai dengan daya kuasa Allah yang berkarya dalam Kristus, yakni kuasa yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati serta menempatkan Dia di sisi kanan Allah dalam surga. Di situ Kristus jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa, kekuasaan dan kerajaan serta tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan saja di dunia ini, melainkan juga di dunia yang akan datang. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan Allah kepada jemaat sebagai kepala dari segala yang ada.Jemaat itulah tubuh-Nya, yakni kepenuhan diri-Nya, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur  Mzm 8:2-3a.4-7
Putera-Mu Kauberi kuasa atas buatan tangan-Mu.
*Ya Tuhan, Allah kami, betapa mulia nama-Mu di seluruh bumi! 
Keagungan-Mu luhur mengatasi langit. Lewat mulut bayi dan anak-anak menyusu  Kaupermalukan lawan-lawan-Mu. 
*Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kaupasang: Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? 
Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
*Kauciptakan dia hampir setara dengan Allah, Kaumahkotai dengan kemuliaan dan semarak. Kauberi dia kuasa atas buatan tangan-Mu; 
segala-galanya telah Kautundukkan di bawah kakinya.

Bait Pengantar Injil  Yoh 15:26b.27a
Roh Kebenaran akan memberi kesaksiaan tentang Aku. Dan kalian pun harus memberi kesaksian, sabda Tuhan.

Bacaan Injil  Luk 12:8-12
Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, 
"Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal pula di depan para malaikat Allah.  Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni. Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni. Apabila kalian dihadapkan kepada majelis 
atau pemerintah, atau penguasa, janganlah kalian kuatir bagaimana dan apa yang harus kalian katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu 
apa yang harus kamu katakan."
Demikianlah sabda Tuhan.

Renungan
Para martir pada umamnya punya pengalaman yang sama dalam mempertaruhkan hidup mereka sebagai pengikut Yesus yang setia. Ketika Ketika mereka ditentang oleh penguasa atau musuh yang mengancam , mereka dengan tegar mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan . Akibatnya mereka disiksa bahkan dibunuh dengan car yang sangat sadis. Kesaksian iman yang demikianlah yang mengantar mereka masuk dalam kemuliaan Allah disurga , seperti yang disabdakan Yesus kepada kita dalam bacaan Injil hari ini. "Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal pula di depan para malaikat Allah.”
Sabda Allah ini menantang kita para pengikut-Nya untuk bertanya diri. Apakah aku berani mengakui Yesus didepan orang lain, termasuk yang menolak dan memusuhi kita?  Apakah aku berani mengekspresikan  imanku dalam kehidupan sehari hari tanpa menutup nutupinya  kepada orang lain yang bertemu dengan aku? Apakah aku berani menjadi saksi Kristus walaupun sadar akan resiko berat dan menantang yang harus aku hadapi? Puji Tuhanbila selama ini aku memang berani bersaksi tentang Yesus  dan menghayati imanku tanpa takut dalam hidup yang nyata.. Namun apabila aku masih takut , mari datang kepada Yesus  dan mohon keberanian untuk mengakui Dia dan menjadi saksi-Nya , hidup sesuai dengan semangat-Nya didunia ini. Bersama Yesus, ketakutan itu akan lenyap dan kita akan dimampukan untuk menjadi saksi-Nya. Dialah sumber kekuatan kita untuk menjadi saksi yang setia dan tanpa takut.

Butir permenungan.
Yesus  Kristus menegaskan akan hadirnya Roh Kudus  bagi setiap orang yang percaya dan akan membimbing untuk berkata kata dengan penuh hikmat . Roh Kudus  sama juga dimohonkan oleh Rasul Paulus bagi setiap orang percaya supaya mereka semakin mampu menyadari pengharapan akan keselamatan dalam kepercayaan akan Allah. Dengan penegasan penegasan ini , kita diajak untuk betul betul memiliki kemauan untuk menjaga iman kita akan Allah dan sekaligus  menyerahkan diri pada kasih dan penyertaan –Nya . 
Doa.
Ya Yesus , hindarkanlah kami dari segala sesuatu yang dapat menyesatkan dan menjauhkan kami dari pada-Mu. Sebab hanya dengan bersatu dalam Dikau, maka kami menemukan kebahagiaan sejati. Terpujilah Engkau, Tuhan dan Allah kami, kini dan sepanjang masa. Amin.






Roh Kebenaran akan memberi kesaksiaan tentang Aku. Dan kalian pun harus memberi kesaksian, sabda Tuhan.


0 komentar:

Post a Comment