February 15, 2017

RENUNGAN HARIAN, ( KAMIS 16 FEBRUARI 2017)

Bacaan Liturgi Kamis 16 Februari 2017

Bacaan Pertama  Kej 9:1-13
Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi. 
Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan. Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan. Tetapi mengenai darah kamu, yakni nyawa kamu, Aku akan menuntut balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap manusia Aku akan menuntut nyawa sesama manusia. Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri. Dan kamu, beranakcuculah dan bertambah banyak, sehingga tak terbilang jumlahmu di atas bumi, ya, bertambah banyaklah di atasnya." Berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anaknya yang bersama-sama dengan dia: "Sesungguhnya Aku mengadakan perjanjian-Ku dengan kamu dan dengan keturunanmu, dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu: burung-burung, ternak dan binatang-binatang liar di bumi yang bersama-sama dengan kamu, segala yang keluar dari bahtera itu, segala binatang di bumi. Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi." Dan Allah berfirman: "Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya: 
Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.

Mazmur   Mzm 102:16-18.19-21.29.22-23
Tuhan memandang dari surga ke bumi.
*Bangsa-bangsa menjadi takut akan nama Tuhan, dan semua raja bumi akan kemuliaan-Mu, bila Engkau sudah membangun Sion, dan menampakkan diri dalam kemuliaan-Mu; bila Engkau mendengarkan doa orang-orang papa, dan tidak memandang hina doa mereka. 
*Biarlah hal ini dituliskan bagi angkatan yang kemudian, dan bangsa yang akan diciptakan nanti memuji-muji Tuhan, sebab Ia telah memandang dari tempat-Nya yang kudus, Tuhan memandang dari sorga ke bumi, 
untuk mendengarkan keluhan orang tahanan, untuk membebaskan orang-orang yang ditentukan harus mati. 
*Anak hamba-hamba-Mu akan diam dengan tenteram, dan anak cucu mereka akan tetap ada di hadapan-Mu. supaya nama Tuhan diceritakan di Sion, dan Dia dipuji-puji di Yerusalem, apabila para bangsa berkumpul bersama-sama 
dan kerajaan-kerajaan berhimpun untuk beribadah kepada Tuhan.

Bacaan Injil  Mrk 8:27-33
Pada suatu hari Yesus bersama murid-murid-Nya pergi ke kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Di tengah jalan Ia bertanya kepada murid-murid-Nya, "Kata orang, siapakah Aku ini?" Para murid menjawab, "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan: seorang dari para nabi." Yesus bertanya lagi kepada mereka, "Tetapi menurut kamu, siapakah Aku ini?" Maka Petrus menjawab, "Engkau adalah Mesias!" Dan Yesus melarang mereka dengan keras, supaya jangan memberitahukan kepada siapa pun tentang Dia. 
Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan. Ia akan ditolak oleh para tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh, dan bangkit sesudah tiga hari. Hal ini dikatakan-Nya dengan terus terang. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegur-Nya. Maka berpalinglah Yesus dan sambil memandang murid-murid-Nya  Ia memarahi Petrus, kata-Nya, "Enyahlah Iblis! Sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia." 
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan.
Harus kita akui bahwa kita manusia ini adalah pemakan segala . Coba saja , apa saja kita makan . Dari jenis sayur sayuran  , macam macam daun daun an , macam macam binatang  bahkan ular cobra pun , semua kita makan . Banyakdari kita juga menikmati ikan ikan , entah ikan tawar , laut , atau payau . Apalagi makan sea food,,,, aduh enaknya . Enak lagi begini , sudah menu makanannya cocok , masakannya miroso (sangat enak), tidak bayar lagi, Nah , itulah surga dunia.
Sabda Tuhan kepada Nuh pada bacaan pertama hari ini memang menegaskan bahwa segala yang bergerak dan hidup boleh menjadi makanan kita, yakni tumbuhan dan segala segala binatang . Tentu saja kalau binatangnya masih hidup  , ya jangan dimakan . Nanti justru kita yang digigit binatang itu . Allah bersabda : “ Hanya daging yang masih ada nyawanya  , yakni darahnya , janganlah kalian  makan “ Dengan kata lain , meski seluruh isi alam , terutama segala macam tumbuhan dan binatang boleh kita manfaatkan untuk kehidupan kita , kita meski mengenal tata caranya , etikanya. Itulah tata kelola alam lingkungan yang harus kita lakukan agar tetap lestari .
Bukanlah alam lingkungan kita sekarang rusak parah ? Banyak pemburu dan penembak burung yang merusak populasi burung di banyak hutan lindung . Limbah limbah pabrik dibuang begitu saja di sungai sehingga orang kekurangan air bersih .Yang paling banyak lagi ialah orang merokok sembarangan . Dimana mana merokok, padahal bukankah disekitarnya banyak anak anak dan orang yang tidak merokok? Apa mereka harus juga menanggung asap rokok yang tidak sehat itu? Kepekaan orang akan pelestarian alam  lingkungan pada hari ini rasanya kok semakin tumpul saja.

Doa
Ya Tuhan , jadikanlah kami pemimpin bagi diri kami sendiri , yang selalu pasrah dan taat terhadap kehendak-Mu dalam segala hal . Amin .



0 komentar:

Post a Comment