June 29, 2023

RENUNGAN HARIAN JUMAT 07 JULI 2023

Kalender Liturgi Jumat  07 Jul 2023

Warna Liturgi: Hijau

Antifon   Pembuka

Bersyukrlah kepada Tuhan, sebab Ia baik,  Kekal abadi kasih setia-Nya.

Doa Kolekta.

Allah Bapa Sumber Kehidupan, hidup dan mati kami berada di tangan-Mu. Kami mohon kepada-Mu, agar kami memasuki perayaan suci ini dengan hati penuh kepasrahan sehingga kami memahami apa yang Kau kehendaki , Dengan perantaraan Tuhan kami Yesus Kristus, Putra-Mu  yang Hidup dan Berkuasa  bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus,   Allah sepanjang segala masa.


Bacaan I  Kej 23:1-4.19;24:1-8.62-67
Sara, isteri Abraham,  hidup seratus dua puluh tujuh tahun lamanya.
Kemudian Sara meninggal di Kiryat-Arba, yaitu Hebron, di tanah Kanaan.  Lalu Abraham datang meratapi dan menangisinya. Sesudah itu Abraham bangkit dan meninggalkan jenazah isterinya,  lalu berkata kepada orang-orang Het,  "Aku ini orang asing dan pendatang di antaramu. Berikanlah kiranya kepadaku sebuah kuburan di tanahmu ini,  supaya aku dapat mengantarkan dan menguburkan isteriku yang telah meninggal."  Sesudah itu Abraham menguburkan Sara, isterinya,  di dalam gua di ladang Makhpela, di sebelah timur Mamre, yaitu Hebron di tanah Kanaan.  Adapun Abraham telah tua dan lanjut umurnya, serta diberkati Tuhan dalam segala hal. Berkatalah Abraham  kepada hambanya yang paling tua di rumahnya,  yang diberi kuasa atas segala miliknya, katanya,  "Baiklah letakkan tanganmu di bawah pangkal pahaku,  supaya aku mengambil sumpahmu. Demi Tuhan, Allah yang empunya langit maupun bumi, janganlah engkau mengambil seorang isteri bagi anakku  dari antara wanita negeri Kanaan tempat aku tinggal ini.  Tetapi engkau harus pergi ke negeriku, kepada sanak saudaraku,  untuk mengambil seorang isteri bagi Ishak, anakku."  Lalu berkatalah hamba itu kepadanya,  "Mungkin wanita itu tidak suka mengikuti aku ke negeri ini?  Haruskah aku membawa anakmu ke negeri asal Tuanku itu?"  Abraham lalu berkata,  "Awas, jangan kaubawa anakku itu kembali ke sana!   Tuhan, Allah yang empunya langit, telah memanggil aku dari rumah ayahku  dan dari negeri sanak saudaraku. Ia telah bersabda dan bersumpah kepadaku,  'Negeri ini akan Kuberikan kepada keturunanmu.'  Dialah yang akan mengutus malaikat-Nya berjalan di depanmu, sehingga engkau dapat mengambil seorang isteri dari sana untuk anakku.  Tetapi jika wanita itu tidak mau mengikuti engkau,  maka bebaslah engkau dari sumpahmu kepadaku ini.  Hanya saja, janganlah anakku kaubawa kembali ke sana." Beberapa waktu kemudian Ishak datang  dari arah sumur Lahai-Roi;  ia tinggal di Tanah Negeb.  Menjelang senja Ishak keluar untuk berjalan-jalan di padang.  Ia melayangkan pandangannya,  dan melihat ada unta-unta datang mendekat.  Itulah hamba Abraham yang kembali dari negeri tuannya  dan membawa serta Ribka, calon isteri Ishak.  Ribka juga melayangkan pandangannya dan melihat Ishak.  Segera Ribka turun dari untanya dan bertanya  kepada hamba Abraham,  "Siapakah orang yang berjalan di padang menuju kita itu?"  Jawab hamba itu, "Dialah tuanku."  Lalu Ribka mengenakan telekungnya dan menyelubungi diri. Kemudian hamba itu menceritakan kepada Ishak  segala yang dilakukannya.  Maka Ishak mengantar Ribka ke dalam kemah Sara, ibunya, dan mengambil dia menjadi isterinya.  Ishak mencintai Ribka, sehingga ia terhibur atas kematian ibunya.
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan  Mzm 106:1-2.3-4a.4b-5
Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik!
*Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik!  Kekal abadi kasih setia-Nya. Siapakah yang dapat memberitahukan keperkasaan Tuhan, dan memperdengarkan segala pujian kepada-Nya?
*Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum, yang melakukan keadilan di setiap saat!  Ingatlah akan daku, ya Tuhan,  demi kemurahan terhadap umat.
*Perhatikanlah aku, demi keselamatan yang datang dari pada-Mu, supaya aku melihat kebahagiaan orang-orang pilihan-Mu, supaya aku bersukacita dalam sukacita umat-Mu, dan supaya aku bermegah bersama milik pusaka-Mu.

Bait Pengantar Injil  Mat 11:28
Datanglah pada-Ku, kalian yang letih dan berbeban berat,
maka Aku akan membuat kalian lega.

Bacaan Injil  Mat  9:9-13
Pada suatu hari Yesus melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai.  Yesus berkata kepadanya, "Ikutlah Aku."  Matius segera berdiri dan mengikut Yesus.  Kemudian, ketika Yesus makan di rumah Matius,  datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa, makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.  Melihat itu orang-orang Farisi berkata kepada murid-murid Yesus, "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"  Yesus mendengarnya dan berkata,  "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib,  tetapi orang sakit. Maka pelajarilah arti sabda ini,
'Aku menginginkan belas kasihan, bukan persembahan.' Aku datang bukannya untuk memanggil orang benar,  melainkan orang berdosa."
Demikianlah sabda Tuhan. 

Renungan.

Dalam salah satu audensinya, Paus Fransiskus mengatakan  “Tuhan tidak bosan bosannya mengampuni kita, hanya kitalah yang bosan datang minta ampun kepada Tuhan” Belas kasih dan kerahiman Allah yang sekarang mewarnai pelayanan pontifikal Bapa  Suci Fransiskus. Itu sejalan dengan motto pelayanannya : “Miserando atque eligendo” atau karena belas kasih dan Ia memilihnya.  Kerahiman dan belas kasih berkaitan dengan rasa tidak tega sekaligus  cinta yang mendalam.  Cinta yang mendalam , yang diwarnai dengan pengorbanan atau pemberian diri membuat orang yang dicintainya itu bebas dan berkembang. Inilah hati Allah yang tampak dalam diri Yesus dalam kisah Injil hari ini. Yesus tidak tega melihat Matius dipojokkan dan tidak dianggap manusia. Urusan mengelompokan orang rupanya memang urusan yang rumit. Sudah sejak zaman Yesus , orang terbiasa membagi bagi kelompok masyarakat. Ukuran yang sering mereka pakai adalah ukuran hidup keagamaan. Celakanya adalah kelompok yang satu memandang rendah kelompok lain yaitu para pemungut cukai. Yesus tentu saja tidak setuju  dengan pengelompokan seperti itu. Ia  mendobrak sistem kemasyarakatan  yang ada karena sistem tersebut selalu melahirkan  kelompok tertindas dan terpinggirkan. Yesus menyapa mereka yang tersingkir dan mau tinggal bersama mereka sebagai suatu bentuk penolakan atas  pengelompokan masyarakat. Tindakan Yesus memanggil Matius , pemungut cukai itu , dan makan bersama menjadi bentuk kritik dan sekaligus menunjukkan bahwa tawaran keselamatan Allah berlaku untuk semua orang. Oleh karena itu, siapa saja boleh turut serta dalam karya penyelamatan Allah.  Syaratnya adalah kerelaan untuk bertobat dan hidup dalam kasih Allah. 

Butir permenungan.

Dalam hidup, orang yang sudah terpuruk sering malu untuk bangkit, Ada yang malah menyembunyikan diri. Mari kita cari dan rangkul mereka. Justru orang orang seperti merekalah yang membutuhkan kasih dan perhatian. Ingatlah selalu kata kata Yesus bahwa yang memerlukan dokter adalah orang sakit dan bukannya orang sehat.

Doa.

Tuhan yang maharahim, secara tidak sadar kami sering berlaku seperti orang orang Yahudi dan Farisi. Kami kadang merasa diri lebih baik daripada orang orang yang berdosa. Sadarkanlah kami bahwa Engkau mencari dan ingin menyembuhkan mereka. Jadikanlah kami alat-Mu untuk ikut ambil bagian dalam misi pelayan dalam rangka menyelamatkan mereka. Amin.

 

 

 

 

 

 

 

Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya dalam diri Kristus  dan mempercayakan warta perdamaian kepada kita.

Datanglah pada-Ku, kalian yang letih dan berbeban berat,
maka Aku akan membuat kalian lega.



0 komentar:

Post a Comment