September 7, 2022

RENUNGAN HARIAN RABU 28 SEPTEMBER 2022

Kalender Liturgi Rabu 28 Sep 2022

PF S. Wenseslaus, Martir
PF S. Laurensius Ruiz dkk. Martir
Warna Liturgi: Hijau

Bacaan I  Ayb 9:1-12.14-16
Ayub berkata kepada Bildad sahabatnya, "Sungguh, aku tahu, bahwa beginilah adanya:  masakan manusia benar di hadapan Allah? Jika ia ingin beperkara dengan Allah  satu dari seribu kali ia tidak dapat membantah-Nya.  Allah itu bijak dan kuat, siapakah dapat berkeras melawan Dia dan tetap selamat?  Dialah yang memindahkan gunung-gunung tanpa diketahui orang,  yang menjungkir-balikkan dalam murka-Nya.  Ia menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang - goyang. Ia memberi perintah kepada matahari, sehingga tidak terbit, dan mengurung bintang-bintang dengan meterai. Seorang diri Ia membentangkan langit, dan melangkah di atas gelombang-gelombang laut.  Ia menjadikan bintang Biduk, bintang Belantik, bintang Kartika, dan gugusan-gugusan bintang Ruang Selatan.  Dialah yang melakukan perbuatan-perbuatan tegar yang terduga, dan keajaiban-keajaiban yang tidak terbilang banyak.  Apabila Ia melewati aku, aku tidak melihat-Nya, dan bila Ia lalu, aku tidak tahu. Apabila Ia merampas, siapa akan menghalangi-Nya?  Siapa akan menegur-Nya, 'Apa yang Kaulakukan?'  Bagaimana mungkin aku dapat membantah Dia, dan memilih kata-kata di hadapan Dia? Walaupun benar, aku tidak mungkin membantah Dia,  malah aku harus memohon belas kasihan kepada yang mendakwa aku. Bila aku berseru, Ia menjawab; aku tidak dapat percaya, bahwa Ia sudi mendengarkan suaraku."
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan  Mzm 88:10bc-11.12-13.14-15
Semoga doaku sampai ke hadirat-Mu, ya Tuhan.
*Aku telah berseru kepada-Mu, ya Tuhan, sepanjang hari,  aku telah mengulurkan tanganku kepada-Mu.  Adakah Engkau melakukan keajaiban di hadapan orang-orang mati?  Masakan jenazah mereka bangkit untuk bersyukur kepada-Mu?
*Dapatkah kasih-Mu diberitakan di dalam kubur, dan kesetiaan-Mu di tempat kebinasaan? Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan, dan keadilan-Mu di negeri kealpaan?
*Tetapi aku ini, ya Tuhan, kepada-Mu aku berteriak minta tolong,  dan pada waktu pagi doaku datang ke hadapan-Mu.  Mengapa, ya Tuhan, Kaubuang aku?  Mengapa Kausembunyikan wajah-Mu dari padaku?

Bait Pengantar Injil Flp 3:8-9
Segala sesuatu kuanggap sebagai sampah, agar aku memperoleh Kristus dan bersatu dengan-Nya.

Bacaan Injil  Luk 9:57-62
Sekali peristiwa,  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang dalam perjalanan, datanglah seorang di tengah jalan, berkata kepada Yesus
"Aku akan mengikut Engkau, ke mana pun Engkau pergi."  Yesus menjawab,  "Serigala mempunyai liang, dan burung mempunyai sarang,
tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat  untuk meletakkan kepala-Nya."  Lalu kepada orang lain Yesus berkata, "Ikutlah Aku."  Berkatalah orang itu, "Izinkanlah aku pergi dahulu, menguburkan bapaku."  Tetapi Yesus menjawab, "Biarlah orang mati mengubur orang mati; tetapi engkau, pergilah, dan wartakanlah Kerajaan Allah di mana-mana."
Dan seorang lain lagi berkata, "Tuhan, aku akan mengikuti Engkau,
tetapi izinkanlah aku pamitan dahulu dengan keluargaku." Tetapi Yesus berkata,  "Setiap orang yang siap untuk membajak,  tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."
Demikianlah sabda Tuhan. 

 

Renungan.

Pada hari ini, Yesus bersabda “Biarlah orang mati menguburkan orang mati” Secara harafiah , Sabda Tuhan Yesus itu tidak masuk akal dan sangat bertentangan dengan kenyataan. Mana mungkin orang mati menguburkan orang mati?  Bukanlah hanya orang hidup yang bisa menguburkan orang mati?  Lalu apa maksud Yesus dengan Sabda-Nya itu ? Pernyataan Yesus itu disampaikan dalam konteks yang sangat jelas, yaitu menuntut ketegasan komitment dari orang yang mau menjadi pengikut-Nya. Yesus ingin agar para pengikut-Nya tegas. Kalau mau menjadi pengikutnya , jangan main main  dan jangan setengah setengah  tetapi dengan komitment , sepenuh hati  dan dengan penuh pengorbanan , bahkan bersedia  meninggalkan kelekatan duniawi yang bisa menghambat  kinerja seseorang dalam mengikuti-Nya

Yesus memang menuntut para murid dengan tegas bahkan sangat tegas. Bagi Yesus , menjadi pengikut-Nya tidak boleh dilakukan hanya sekedar hanya sekedar untuk mengisi waktu luang, atau karena kita tidak ada kesibukan atau sekedar iseng , tetapi harus menjadi suatu komitment yang tegas dan yang harus dijalankan  dengan penuh tanggung jawab. Atau dengan kata lain , yang satu dijalankan dan yang lain jangan diabaikan. Kehidupan manusia dalam kehidupan sehari hari tidak boleh menjadi alasan untuk tidak setia dalam mengikuti Yesus atau melunturkan ketegasan komitment dalam mengikuti-Nya. Bukan perkara mudah kalau kita mau meninggalkan kelekatan akan hal hal duniawi. Tetapi jika semua itu menjadi penghalang bagi kita dalam mengikuti Yesus , konsekuensinya adalah kita harus iklas untuk melepaskan atau meninggalkannya. Oleh karena itu jadilah pengikut Kristus yang setia, tegas dalam komitment.

Butir permenungan.

Dalam perjalanan kita mengikuti Yesus , Yesus mengajukan syarat syarat kepada kita , apabila kita ingin mengikuti Yesus. Syarat syarat itu tidak mudah . Orang harus siap menyangkal diri, Mengapa syaratnya terasa berat?, Ya karena panggilan dan perutusan dari Yesus bersifat mendesak, Semua ciptaan menantikan kedatangan dan perwujudan Kerajaan Allah. Dimana mana , damai, sukacita, dan keadilan didambakan banyak orang. Yesus tidak sabar, Inilah tugas yang mendesak, Waktu yang ada begitu berharga, jangan disia siakan  Jangan menoleh kebelakang  “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh kebelakang , tidak layak untuk Kerajaan Allah”  Kerajaan Allah itu harus segera terbit dimana mana. Kristus menghendaki umat Kristiani mempunyai semangat untuk bergerak “maju” dan bukan “mundur”  Yesus mencari murid murid yang melayani dengan sepenuh hati bukan yang setengah setengah . Yesus tidak suka dengan murid murid yang suka mampir sana sini dan suka menoleh noleh kebelakang. Songsonglah matahari terbit bukan matahari terbenam. Bukanlah hidup kita sebagai orang Kristiani sering lambat dan kehilangan banyak waktu karena hal hal yang sepele?  Sementara itu masyarakat disekitar kita segera membutuhkan pewartaan kabar gembira Kerajaan Allah.                   

Doa.

Ya Tuhan , berkatilah kami untuk selalu bertanggung jawab sebagai seorang pengikut-Mu dalam pelayanan dan pekerjaanku. Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Segala sesuatu kuanggap sebagai sampah, agar aku memperoleh Kristus dan bersatu dengan-Nya.

0 komentar:

Post a Comment