September 19, 2020

KALENDER LITURGI SABTU 26 SEPT 2020

Kalender Liturgi Sabtu 26 Sept 2020

PF S. Kosmas dan S. Damianus, Martir
Warna Liturgi: Hijau

Bacaan I  Pkh 11:9-12:8
Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu.  Biarlah hatimu bergembira pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hati dan pandangan matamu. Tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini  Allah akan membawa engkau ke pengadilan!  Buanglah kesedihan dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu,  karena masa muda dan fajar hidup adalah kesia-siaan. Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu,  sebelum tiba hari-hari yang malang  dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan,  'Tiada kesenangan bagiku di dalamnya,'  sebelum matahari dan terang, bulan dan bintang-bintang menjadi gelap,  dan awan-awan datang kembali sesudah hujan,  pada waktu penjaga-penjaga rumah gemetar,  dan orang-orang kuat membungkuk,  dan wanita-wanita penggiling berhenti karena berkurang jumlahnya, dan yang melihat dari jendela semuanya menjadi kabur;  sebelum pintu-pintu di tepi jalan tertutup, dan bunyi penggilingan menjadi lemah,  dan suara menjadi seperti kicauan burung,  dan semua penyanyi wanita tunduk;  sebelum orang menjadi takut berdiri di ketinggian,  dan ketakutan ada di jalan,  sebelum pohon badam berbunga,  dan belalang menyeret dirinya dengan susah payah,  dan nafsu makan tak dapat dibangkitkan lagi  karena manusia pergi ke rumahnya yang kekal  dan peratap-peratap berkeliaran di jalan;  sebelum rantai perak diputuskan dan pelita emas dipecahkan,  sebelum tempayan dihancurkan dekat mata air  dan roda timba dirusakkan di atas sumur,  dan debu kembali menjadi tanah seperti semula  dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.  Kesia-siaan atas kesia-siaan, kata Pengkhotbah,  segala sesuatu adalah kesia-siaan!
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan  Mzm 90:3-6.12-14.17
Tuhan, Engkaulah tempat perteduhan bagi kami turun-temurun.
*Engkau mengembalikan manusia kepada debu, hanya dengan berkata, "Kembalilah, hai anak-anak manusia!"  Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin  atau seperti satu giliran jaga di waktu malam.
*Engkau menghanyutkan manusia seperti orang mimpi,  seperti rumput yang bertumbuh,  di waktu pagi tumbuh dan berkembang,  di waktu petang lisut dan layu.
*Ajarlah kami menghitung hari-hari kami,  hingga kami beroleh hati yang bijaksana.  Kembalilah, ya Tuhan -- berapa lama lagi? -- dan sayangilah hamba-hamba-Mu!
*Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita sepanjang hayat.  Kiranya kemurahan Tuhan melimpah atas kami!  Teguhkanlah perbuatan tangan kami,  ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah!

Bait Pengantar Injil  2Tim 1:10b
Penebus kita Yesus Kristus telah membinasakan maut,  dan menerangi hidup dengan Injil.

Bacaan Injil  Luk 9:43b-45
Semua orang heran karena segala yang dilakukan Yesus.  Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,  "Dengarkan dan camkanlah segala perkataan-Ku ini:  Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia."  Mereka tidak mengerti perkataan itu,  sebab artinya tersembunyi bagi mereka,  sehingga mereka tidak dapat memahaminya.  Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada Yesus.
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan.

Penderitaan adalah salah satu kosa kata yang dihindari anak anak zaman ini . Ada beberapa psikolog anak yang melakukan penelitian terhadap sekelompok anak disebuah sekolah, impuls otak mengeluarkan respon yang negatif ketika mereka diajak konseling soal penderitaan hidup mereka. Bagi mereka penderitaan adalah hal yang harus dihindari . “Hidup sendiri sudah berat, saya lelah dengan keluarga dan kehidupan ini”  Dalam Injil, Yesus memberitahukan bahwa penderitaan itu selalu ada. "Dengarkan dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia."  Para murid diam saja dalam ketidak mengertian mereka.  Dan mereka tidak berani menanyakan artinya. Apa yang dikatakan Yesus kepada para murid bukanlah yang pertama kali , tetapi sudah kedua kali. Namun para murid belum juga mengerti. Dalam pemahaman para murid, Yesus adalah Mesias, yang akan membebaskan bangsa Israel  dari penjajahan Romawi waktu itu. Jadi ketika Yesus berbicara tentang penderitaan-Nya mereka tidak memahaminya. Namun Yesus justru memaklumkan salib sebagai jalan keselamatan. Setiap orang yang mau mengikuti-Nya harus memikul salibnya setiap hari dan mengikuti-Nya. Jalan keselamtan tidak mungkin tanpa salib. Tuhan Yesus memberikan makna yang indah pada penderitaan (salib). Salib-Nya memberikan penebusan . Salib-Nya menyembuhkan luka akibat dosa dosa manusia . Maka ketika salib datang, mari belajar dari Yesus, yang lemah lembut dan rendah hati. Terkadang sulit menerima dan menjadi misteri , apalagi kalau salib itu harus diterima bukan karena kesalahan dan kelalaian kita . Dalam perjalanan waktu, kita akan menemukan maknanya dalam Tuhan.  Mari kita satukan penderitaan kita dengan penderitaan Yesus. Berusaha bersyukur dan bersukacitalah karena kita boleh mencicipi sedikit penderitaan yang dialami sendiri oleh Tuhan Yesus.  Akhirnya , kita bisa mencari kehendak Tuhan atas penderitaan kita.  Dalam setiap peristiwa hidup kita pasti Allah mempunyai rencana yang akan kita lihat indah pada waktunya. Salib akan memurnikan fokus kita pada tujuan sejati dari hidup. Salib juga akan memurnikan cinta kita.

Butir permenungan.

Seperti bunda Teresa dari Kalkuta, dibalik pakaiannya yang sederhana, ada makna hidup yang begitu dahsyat,  Ia bertekad memberikan hidupnya bagi orang lain dengan meninggalkan negerinya untuk mengulurkan tangan kasihnya bagi orang orang yang membutuhkan , Ia tidak mengejar kesuksesan tapi ia memenuhi panggilan jiwanya.  Bagaimana dengan diri kita masing masing,  kita sebagai pengikut Yesus wajib meneladani Yesus yang taat dan melakukan apa yang menjadi kehendak Bapa. Mungkin bagi kita sekarang saatnya belajar melepaskan diri dari kemegahan dan mencari makna hidup yang sesungguhnya. Biarlah hidup kita tidak berpusat pada kesuksesan dan pujian , tetapi pada panggilan Tuhan bagi kita. Niscaya hidup kita akan lebih bermakna.

Doa.

Ya Tuhan yang mahabaik,  Semoga Sabda-Mu hari ini meneguhkan kita untuk lebih dimampukan menerima Salib kehidupan kita dengan sabar, lemah lembut dan rendah hati. Amin.

 

 

 

 

 

Penebus kita Yesus Kristus telah membinasakan maut,  dan menerangi hidup dengan Injil.

0 komentar:

Post a Comment