December 6, 2019

SEPULUH CARA UNTUK MENDAPATKAN LEBIH BANYAK HAL DARI MASA ADVEN


Menjaga keseimbangan antara yang rohani dan duniawi akan membutuhkan sedikit rencana. Dimulai dengan membuat semua daftar yang diperlukan agar berhasil. Kemudian tandai kalendar anda di waktu-waktu tertentu untuk doa pribadi, bacaan rohani dan refleksi.
Ketika Anda bergerak menelusuri masa Adven, Anda akan mulai untuk menyukai saat-saat hening dalam harimu. Mereka akan menjadi seperti pelabuhan rohani dalam badai duniawi. Waktu doa akan memulihkan jiwa Anda. Pengetahuan rohani akan membantu menjaga fokus Anda. Anda akan sangat menyukainya sehingga Anda memutuskan untuk membawanya ke dalam praktik Tahun Baru, menyisihkan waktu tenang setiap hari untuk bersama dengan Allah.

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menggabungkan praktek tradisional masa Adven ke dalam jadwal anda yang sibuk:
1. Merenungkan masa Adven sebagai masa penantian. Ide untuk menunggu tidak populer dalam budaya kita yang terdiri dari kepuasaan instan, tapi hal ini menciptakan suatu hal baru dalam diri kita- disiplin terhadap diri sendiri, yang membantu kita untuk menghargai waktu sekarang ini dan melihat ke masa depan dengan antisipasi yang tenang.
2. Ubah nafas Anda menjadi sebuah doa. Ambil beberapa nafas yang dalam sepanjang hari dan imajinasikan bahwa kasih Allah sedang mengalir melalui diri Anda melewati seluruh bagian dari tubuh Anda. Saat Anda menghembuskan, lepaskan tegangan, kekuatiran dan semua hal yang bukan dari Allah.
3. Merindukan Tuhan. Buatlah sebuah kebiasaan secara diam-diam dengan berdoa, “Datanglah, Tuhan Yesus”.
4. Bersatu dengan Maria. Sisihkan waktu sekali dalam sehari untuk bergabung dengan Bunda kita dengan mendoakan Kidung Maria
(lihat Luk 1:46-55).
5. Lakukan sesuatu yang baik terhadap seseorang setiap hari. Bisa saja berupa kata-kata yang mendorong, sebuah panggilan telepon, sebuah catatan penghargaan atau perbuatan baik yang sederhana.
6. Singkirkan dendam/iri hati. Gunakan masa Adven sebagai kesempatan untuk melepaskan kemarahan atau dendam yang anda genggam.
7. Berdoa untuk kesabaran. Jika Anda merasa gelisah atau sedih, mintalah kepada Tuhan karunia kesabaran. Lalu berusahalah dengan sadar untuk menjadi orang yang lebih sabar.
8. Persembahkan sesuatu yang menyakitkan atau kesulitan dalam hidupmu. Cara yang terbaik untuk mengubah godaan dan tegangan adalah dengan menyerahkan semuanya ke dalam doa.
9. Terima Sakramen Tobat. Hadiri paroki Anda dan ambil kesempatan untuk membersihkan jiwa Anda dalam persiapan menyambut kedatangan Yesus.
10. Pikirkan tentang karunia spesial dan talenta yang telah Allah berikan kepadamu. Bagaimana kamu menggunakan karunia ini?

Sumber: www.osv.com
Diterjemahkan oleh Lux Veritatis 7
https://luxveritatis7.wordpress.com/2011/12/13/renungan-sepuluh-cara-untuk-mendapatkan-lebih-banyak-hal-dari-masa-adven/

0 komentar:

Post a Comment