January 17, 2020

RENUNGAN HARIAN, MINGGU 26 JANUARI 2020


Kalender Liturgi Minggu  26 Jan 2020
Warna Liturgi: Hijau

Bacaan I  Yes 8:23b-9:3
Kalau dahulu Tuhan merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali,
maka di kemudian hari Tuhan akan memuliakan jalan ke laut itu,  yakni daerah seberang sungai Yordan,  wilayah bangsa-bangsa lain.  Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan   telah melihat terang yang besar;  terang telah bersinar atas mereka yang diam di negeri kekelaman.  Engkau, ya Tuhan,  telah banyak menimbulkan sorak-sorai dan sukacita yang besar.  Mereka telah bersukacita di hadapan-Mu,  seperti orang bersukacita di waktu panen,  seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan. Sebab kuk yang menekan bangsa itu  dan gandar yang di atas bahunya  serta tongkat si penindas  telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian.
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan  Mzm 27:1.4.13-14
Tuhan adalah terang dan keselamatanku.
*Tuhan adalah terang dan keselamatanku,  kepada siapakah aku harus takut?  Tuhan adalah benteng hidupku,  terhadap siapakah aku harus gentar?
*Satu hal telah kuminta kepada Tuhan,  satu inilah yang kuingini:
diam di rumah Tuhan seumur hidupku, menyaksikan kemurahan Tuhan, dan menikmati bait-Nya.
*Sungguh, aku percaya akan melihat kebaikan Tuhan  di negeri orang-orang yang hidup!  Nantikanlah Tuhan!  Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu!   Ya, nantikanlah Tuhan!

Bacaan II  1Kor 1:10-13.17
Saudara-saudara,  aku menasihati kamu demi nama Tuhan kita Yesus Kristus,  supaya kamu seia sekata,  dan jangan ada perpecahan di antara kamu.  Sebaliknya hendaklah kamu erat bersatu dan sehati sepikir. Sebab, saudara-saudaraku,   aku telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe  bahwa ada perselisihan di antara kamu.  Yang aku maksudkan ialah,  bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus.  Atau: Aku dari golongan Apolos.  Atau: Aku dari golongan Kefas.   Atau: Aku dari golongan Kristus.  Apakah Kristus terbagi-bagi?Adakah Paulus disalibkan demi kamu?  Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?   Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, melainkan untuk memberitakan Injil. Dan itu pun bukan dengan hikmat perkataan,
supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.
Demikianlah sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil  Mat 4:23
Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah  serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

Bacaan Injil  Mat 4:12-23
Ketika mendengar bahwa Yohanes Pembaptis telah ditangkap, Yesus menyingkir ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau,  di daerah Zebulon dan Naftali.  Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
   Tanah Zebulon dan tanah Naftali,
   jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea,
   wilayah bangsa-bangsa lain;
   bangsa yang diam dalam kegelapan,
   telah melihat Terang yang besar
   dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut,
   telah terbit Terang.
Sejak waktu itu Yesus memberitakan,  "Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat."  Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea,
Ia melihat dua orang bersaudara,  yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas saudaranya.  Mereka sedang menebarkan jala di danau,  sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka,  "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."  Mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Yesus.  Setelah pergi dari sana, Yesus melihat pula dua orang bersaudara,  yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,  bersama ayah mereka, Zebedeus;  mereka sedang membereskan jala di dalam perahu.  Yesus memanggil mereka,   dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya,  lalu mengikuti Yesus.  Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea;  Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat  dan memberitakan Injil Kerajaan Allah  serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan  di antara bangsa itu.
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan.
Kalau kita mau mendirikan satu perusahaan atau kelompok baru, pastilah kita memilih orang orang yang terbaik untuk memulainya . karena mereka akan menjadi dasar bagi hidup dan berlangsungnya perusahaan atau kelompok baru ini.   Namun , hal itu tidak tidak kita jumpai saat Yesus untuk pertama kali mau mendirikan kelompok baru yang akan menjadi murid murid –Nya , Yesus tentu tahu bagaimana karakter orang orang yang akan dipilih-Nya. Namun, Yesus memilih begitu saja orang orang yang Dia jumpai saat di danau Galilea. Dia melihat Petrus dan Andreas, saudaranya . Sebagai Tuhan , tentu Yesus tahu bagaimana karakter Petrus , yang cepat emosi , kadang terlalu bersemangat , juga penakut , tetapi Yesus tetap memilih dia . Begitu pula ketika Yesus melihat Yakobus dan Yohanes yang kita tahu mereka mereka meminta Yesus  untuk boleh duduk di kanan dan kiri Yesus jika nanti Dia berkuasa .   Dengan fakta dan data seperti ini bisa disimpulkan , “Pantas Gereja tidak berdiri kokoh kuat dan tidak indah di mata dunia , karena dimulai dengan orang orang yang tidak berkualitas” Pertanyaannya apakah benar demikian? Sebelum Yesus memilih para murid murid-Nya , Dia sudah terlebih dahulu menyerukan  "Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat." (Mat 4:17).  Karena itu , bagi Yesus siapapun orangnya itu tidak menjadi persoalan  , yang penting dia atau mereka , bertobat . Bertobat merupakan kunci segala –galanya . Hanya dengan bertobat hidup pribadi kita menjadi lebih indah , juga kehidupan bersama keluarga , komunitas dan masyarakat menjadi lebih damai   Bertobat  disini lebih berarti meninggalkan pemikiran dunia dan menggantinya dengan pemikiran dan ajaran Yesus . Kita sudah dibiasakan untuk  mencintai saudara sendiri , tetapi Yesus memerintahkan kita untuk mengasih setiap orang . Pada zaman dimana manusia satu dengan yang lain saling bermusuhan , ada yang menganggap diri sebagai korban , ada yang merasa disakiti , maka Yesus mengajar kita agar berani mengampuni tujuh puluh kali tujuh kali.   Sudah saatnya pengampunan yang Yesus ajarkan menjadi satu berbentuk pertobatan . Hanya dengan pertobatan dalam cara berpikir dan memandang sesuatu , hidup kita dimanapun akan diwarnai oleh kebahagiaan , kedamaian dan sukacita .

Butir permenungan.
Ketika dipanggil Yesus , para murid segera meninggalkan  segala sesuatu lalu mengikuti Dia . Kata “segera” menjadi ungkapan  dan tindakan untuk tidak menunda nunda didalam menanggapi panggilan Tuhan . “ Segera “ mengungkapkan kesungguhan dalam mengikuti kehendak  Tuhan.  Sikap segera dalam menanggapi dan terbuka pada kehendak Allah , terus menerus perlu kita cari dan upayakan. Semoga kita semangat dan tidak lembek dalam menanggapi kasih Tuhan , Mengapa kita perlu bersikap segera?  Allah telah menyelamatkan kita , Allah telah jauh lebih dulu mengasihi kita , Allah telah menerbitkan terang besar kepada kita yang telah lama berada dalam kegelapan . Allah telah mematahkan kuk dan  gandar kita seperti yang tertulis dalam bacaan pertama . Jika Allah segera bertindak atas dasar kasih – Nya yang berkelimpahan , hendaknya kita pun segera menjawab kasih Allah itu sehingga salib Kristus tidak menjadi sia sia .

Doa .
Ya Allah, kami bersyukur karena Engkau telah mengutus Putera – Mu menjadi terang bagi bangsa bangsa yang merindukan keselamatan – Mu .  Amin.
   



Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah  serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.


0 komentar:

Post a Comment