April 5, 2023

RENUNGAN HARIAN KAMIS 20 APRIL 2023

Kalender Liturgi Kamis 20 April 2023

Warna Liturgi: Putih

Antifon Pembuka

Ya Allah, ketika Engkau tampil didepan umat-Mu, melangkah mendahului dan tinggal  ditengah mereka,, maka bumi goncang dan langit bergetar, Alleluya.


Doa Kolekta.

Allah Bapa Maharahim, dengan misteri Paskah Engkau telah menyelamatkan dunia,  Semoga dengan dibebaskan dari dosa, kami mengalami perdamaian dengan-Mu  karena Kristus Sang Imam Agung , menjadi sama seperti kami. Sebab Dialah  yang Hidup dan Berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus , Allah sepanjang masa.


Bacaan I
   Kis 5:27-33
Pagi itu  kepala pengawal bait Allah serta orang-orangnya  menangkap para rasul yang sedang mengajar orang banyak  dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama Yahudi. Imam Besar lalu mulai menegur mereka,  "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama Yesus. Namun ternyata   kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu,  dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."  Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab,  "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia. Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus,  yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh.  Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri  dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat,  supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia."   Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka, dan mereka berusaha membunuh rasul-rasul itu.
Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan
  Mzm 34:2.9.17-18.19-20
Orang yang tertindas berseru, dan Tuhan mendengarkan.
*Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu;
  puji-pujian kepada-Nya selalu ada di dalam mulutku.  Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu!
Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!
*Wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat
  untuk melenyapkan ingatan akan mereka dari muka bumi. Apabila orang benar itu berseru-seru, Tuhan mendengarkan; dan segala kesesakannya mereka Ia lepaskan.

Bait Pengantar Injil  Yoh 20:29

Ref   Alleluya
Karena telah melihat Aku, engkau percaya.  Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya.

Bacaan Injil
  Yoh 3:31-36
Yohanes Pembaptis memberi kesaksian tentang Yesus  di hadapan murid-muridnya,  "Siapa yang datang dari atas ada di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi,  termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi.  Siapa yang datang dari surga ada di atas semuanya.  Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya  dan yang didengar-Nya,  tetapi tak seorang pun menerima kesaksian-Nya itu.  Siapa yang menerima kesaksian-Nya,  ia mengaku bahwa Allah adalah benar. Sebab siapa yang diutus Allah,  Dialah yang menyampaikan firman Allah,  karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.  Bapa mengasihi Anak  dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.  Barangsiapa percaya kepada Anak,  ia beroleh hidup yang kekal,  tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak,  ia tidak akan melihat hidup,  melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."
Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan.

Istilah “saksi” itu berasal dari dunia pengadilan. Dalam suatu pengadilan ada saksi yang memberatkan dan ada saksi yang meringankan. Saksi yang memberatkan tentu saja membuat terdakwa akan dijatuhi hukuman. Sebaliknya saksi yang meringankan akan membuat terdakwa dikurangi hukumannya atau malah bebas sama sekali.  Kedua bacaan hari ini mewartakan juga soal saksi atau kesaksian ini. Petrus dan rasul rasul ditangkap dan dihadapkan kemuka Mahkamah Agama Yahudi, ini suatu pengadilan . Para rasul diperintahkan untuk diam dan tidak mengajar dalam nama Yesus. Para rasul tenang saja. Meski para rasul yang disidang , tetapi sebenarnya Tuhan Yesus yang disidang. Mengapa? Karena intinya para pemimpin Yahudi itu melawan dan menolak Yesus. Para rasul tampil sebagai saksi , tentu saja yang meringankan Yesus. Pada Injil , Yohanes Pembaptis juga memberikan kesaksian tentang Yesus Dia itu saksi yang meringankan juga.  Suka tidak suka , mau tidak mau, kita semua adalah saksi Kristus bagi masyarakat kita. Soalnya adalah apakah kita ini saksi yang memberatkan atau saksi yang meringankan. Bila kita suka jaim alias jaga imej, gampang melukai orang, tidak ramah, pendendam, mau menangnya  sendiri, pelit alias tidak murah hati, nah kita ini saksi Kristus yang memberatkan alias merepotkan Tuhan Yesus, Namun apabila kita ramah dan suka menolong sesama, suka mengampuni, suka menyapa orang dengan tulus, murah hati dan selalu peduli kepada sesama tanpa membeda bedakan , kita telah menjadi saksi yang meringankan.

Butir permenungan.

Kebangkitan Kristus mengubah para rasul. Para rasul yang mengikuti perjalanan Yesus selama kurang lebih tiga tahun , dididik lagi oleh Yesus selama masa 40 hari, sesudah kebangkitan sampai terangkat ke Surga , hasil didikan tambahan 40 hari sangat terasa dalam bacaan pertama hari ini . Ketika para rasul ditangkap lagi dan mereka dilarang keras untuk mengajar dalam nama Yesus, mereka tidak mundur, Justru ketika tekanan makin berat mereka makin kuat. Dengan lantang Petrus menjawab larangan imam besar Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.  Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. Makin berat tekanan makin hebat pertumbuhan iman. Tekanan penganiyaan dan penyiksaan tidak menghancurkan Gereja , tetapi menyucikan dan menumbuhkan Gereja makin kuat. Para rasul menunjukkan kuatnya pertumbuhan Gereja dengan kesaksian nyata. Mereka sangat yakin akan iman terhadap Yesus yang bangkit. Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu , kami dan Roh Kudus. Keyakinan yang kuat itu diungkapkan Petrus dengan menyatukan antara kami dan Roh Kudus. Dalam kisah selanjutnya mereka mereka mengalami kegembiraan karena boleh menderita dalam nama Yesus. Rasul rasul iti meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan  oleh karena nama Yesus ( Kis 5:41)  Sejarah membuktikan bahwa kesaksian para rasul membuat Gereja mampu melintasi zaman walaupun didera oleh berbagai penderitaan dan gempuran terhadap iman yang bisa menghancurkan . Gereja bisa bertahan pada lintasan zaman karena berpusat pada Kristus, Kesaksian Yohanes tentang Yesus pada bacaan hari ini  memperlihatkan bahwa berpusat pada Yesus membuat segala beban penderitaan dapat dihadapi dengan aman.  Kesaksian Yohanes tentang Yesus membuat kita mengenal Allah dan beroleh keselamatan. Allah Bapa telah menyerahkan segala sesuatu kepada Kristus sehingga hanya melalui Dia semua orang yang percaya kepada-Nya mendapatkan keselamatan. Melalui Kristus kita mendapatkan pengenalan akan Allah dan beroleh keselamatan. Teladan  para rasul dan Yohanes Pembaptis sangat nyata bahwa mereka menjadi agen Allah untuk memperkenalkan Kristus kepada dunia. Para rasul mewujudkan iman mereka dengan ketaatan kepada Allah dan bergembira dalam penderitaan. Yohanes Pembaptis mewujudkan iman dengan meninggikan Kristus dalam pelayanan bukan kemegahan diri. Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. Bagaimana kita mewujudkan iman kita? Tuhan memberkati kita mewujudkan iman kita? Tuhan memberkati. 

Doa.

Ya Tuhan yang maharahim, bantulah kami umat-Mu agar menghasilkan buah buah Roh Kudus dalam kehidupan kami sehari hari. Amin.

 

 

Karena telah melihat Aku, engkau percaya.
Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya.


0 komentar:

Post a Comment